Perancangan media promosi buku Kampoeng Lampion sebagai aktivasi branding / Lina Izzati Husna
Main Author: | Husna, Lina Izzati |
---|---|
Other Authors: | 1. Sumarwahyudi ; 2. Andreas Syah Pahlevi |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Desain Komunikasi Visual
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=75432 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKHusna, Lina Izzati. 2016. Perancangan Media PromosiBukuKampoeng Lampion sebagai Aktivasi Branding. Skripsi, JurusanSenidanDesain, Fakultas Sastra, UniversitasNegeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. Sumarwahyudi, M.Sn, (II) Andreas SyahPahlevi, S.Sn.Kata Kunci :perancangan, media promosi, buku, kampoeng lampion, aktivasi brandingKampoeng Lampion adalahsebuahtempat di Kota Malang yang merupakansentra/pusatkerajinansekaligus penjualan lampion segalaukurandan motif.Kampoeng Lampion sudahberdirisejaktahun 2006. Sentra kerajinaniniberlokasi di Jl. Ir. H. Juanda gg. 5, Malang. Produk lampion di Kampoeng Lampion inidikerjakanolehtangan-tanganterampildanprofesional. Namun begitu, Kampoeng Lampion belummempunyai media promosi yang dapatmengangkatcitradanmempromosikanproduknya. Berdasarkanitu, dalampenelitianinidapatdirumuskanpermasalahan yang tepatuntukKampoeng Lampion adalahmerancang media promosibukuKampoeng Lampion sebagai aktivasi branding.Perancanganinidilaksanakandengantujuanuntukmerancang media promosibuku untuk Kampoeng Lampion. Dengandirancangnya media promosibuku tersebut, diharapkanakanmembantumengenalkan sentra kerajinanKampoeng Lampion. Selainitu, perancanganinibertujuanuntukmempromosikanKampoeng Lampion dalampemesanandanpenjualanproduk lampion serta sebagai aktivasi branding.Perancanganinimenggunakan model perancangandariSadjimanEbdiSanyoto, karenamemilikialurkerja yang sesuaidenganperancangan media promosi. Proses inidiawalidenganperumusanlatarbelakang, identifikasi, analisis data, sintesis, konsepperancangan, sertakonseptatadesainhinggamenjadidesain final.Produk yang dihasilkanberupapaket media promosi yang terdiridari media BTL. Media tersebutberupabukusebagai media utamadenganukuran format kertas A5 (14,8cm X 21cm) berjumlah 40halaman. Adapun media pendukungnyayaitu, x-banner, poster, brosur,kartunama, mug, pin danstiker. Perancangan media promositersebutmenggunakanjenis layout picture window. Font yang digunakan adalah Times New Roman dan Gisha.