Meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi melalui model Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas IV di SDN Gurah 1 Kabupaten Kediri / Fina Aulia Untsa Mufida
Main Author: | Mufida, Fina Aulia Untsa |
---|---|
Other Authors: | 1. Ratna Trieka Agustina; 2. A. Badawi |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=74498 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMufida, Fina Aulia Untsa. 2016. Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Narasi Melalui Model Think Talk Write (TTW) pada Siswa Kelas IV di SDN Gurah 1 Kabupaten Kediri. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ratna Trieka Agustina, S.Pd, M.Pd, (II) Drs, A. Badawi, S.Pd, M.Pd.Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Karangan Narasi, Model Think Talk Write (TTW)Menulis merupakan kegiatan mengungkapkan perasaan, ide-ide, dan pikiran yang dikemukakan dalam bentuk tulisan. Berdasarkan observasi pada tindakan awal ditemukan beberapa masalah, yaitu (1) siswa kurang menguasai kosa kata sehingga sulit untuk menulis, (2) kurangnya pengalaman menulis karangan narasi, dan (3) kurang paham mengenai tata penulisan ejaan dan tanda baca. Oleh sebab itu, diperlukan model pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Model yang digunakan, yaitu model Think Talk Write (TTW). Tujuan penelitian ini, yaitu mendeskripsikan proses pembelajaran model Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas IV di SDN Gurah 1 Kabupaten Kediri dan mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dengan menerapkan model Think Talk Write (TTW) pada siswa kelas IV di SDN Gurah 1 Kabupaten Kediri. Jenis penelitian yang digunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan 4 tahapan, yaitu (1) analisis data, (2) reduksi data, (3) display data, dan (4) verifikasi data. Subyek penelitian ini siswa kelas IV di SDN Gurah 1 Kabupaten Kediri sebanyak 39 siswa. Penelitian dilakukan pada semester II tahun pelajaran 2015/2016. Tahapan proses pembelajaran model Think Talk Write (TTW), yaitu (1) tahap think, siswa berpikir mengenai suatu peristiwa yang ada divideo dengan tema banjir dan tanah longsor serta tolong menolong, pada tahap ini siswa membuat catatan penting/catatan kecil, (2) tahap berbicara (talk), siswa berdiskusi mengenai catatan penting/catatan kecil yang telah dibuat dan menulisnya dilembar yang telah disediakan, dan (3) tahap menulis (write), siswa secara individu menulis karangan narasi dengan bahasa yang dikembangkan dari kerangka karangan siswa. Rata-rata hasil keterampilan menulis karangan narasi siswa sebelum dilakukan penelitian, yaitu 63,4 dengan presentase mencapai 46,2%. Setelah dilaksankan penelitian, hasil karangan narasi siswa pada siklus I nilai rata-rata mencapai 65,5 dengan presentase mencaai 66,8%. Sedangkan pada siklus II rata-rata mencapai 76,15 dengan presentase 84,5%. Keterampilan menulis karangan narasi siswa mengalami peningkatan.Saran bagi siswa, yaitu agar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan narasi. Bagi guru dapat dijadikan salah satu variasi model. Bagi peneliti dapat dijadikan pengalaman saat di lapangan. Bagi peneliti lain dapat dijadikan pertimbangan untuk melakukan penelitian yang sejenis.