Pengaruh model problem based learning berbasis outdoor study terhadap hasil belajar siswa SMA / Galuh Maulidiyahwarti
Main Author: | Maulidiyahwarti, Galuh |
---|---|
Other Authors: | 1. Sumarni;. 2. Ach. Amiruddin |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Geografi
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=74443 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKMaulidiyahwarti, Galuh. 2016. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA. Tesis, Jurusan Pendidikan Geografi Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Sumarmi, M.Pd, (II) Dr. Ach. Amirudin, M.Pd.Kata Kunci:Problem Based Learning, Outdoor Study, Hasil Belajar.Pembelajaranscientific approachmenuntutsiswauntukberperanaktifdalammenganalisis, mengevaluasi, danmengkonstruksikonsep-konsep yang dipelajari.Salah satu model yang mendukungpembelajaranscientific approachadalahProblem Based LearningberbasisOutdoor Study.Model inimenuntutsiswauntukmemecahkanmasalahdenganmelakukanobservasisecaralangsung di lapangan.Kegiatanobservasi di lapanganmembuatsiswalebihmemahamikarakteristikpermasalahan yang terjadisehinggadapatmenentukansolusi yang tepat.PenelitianinibertujuanmengetahuipengaruhProblem Based Learning berbasis Outdoor Study terhadap hasil belajar siswa kelas XI IIS SMA.Penelitianinimerupakaneksperimensemu (quasi experiment) denganPretest-Posttest Control Group Design.Penelitiandilakukan di SMA Negeri 1 LawangKabupaten Malangdengansubjekpenelitiansiswakelas XI IIS tahunajaran 2015/2016 yang terdiridarilimakelas. Pemilihansubjekpenelitiandilakukandenganmengambilduakelasdengancaramelihatkemampuansiswa yang hampirsamadidasarkanpadanilai UAS semester ganjil.Penentuankelaseksperimendankelaskontrolditentukansecaraacak.Subjekpenelitianadalahkelas XI IIS 5 sebagaikelaseksperimendan XI IIS 2 sebagaikelaskontrol.Analisis gain score melalui independent sample t-test padaSPSS 17.0 for Windowsmemperolehnilaisignifikansi0,031.Nilaisignifikansitersebut< 0,05, maka H0ditolak. Gain score kedua kelas memiliki rata-rata yang berbeda, kelas kontrol mempunyai rata-rata sebesar 11,38 dengan rata-rata posttest sebesar 73,88 dan rata-rata pretest sebesar 62,50. Kelas eksperimen mempunyai rata-rata gain score sebesar 17,23 dengan rata-rata posttest 80,04 dan pretest 62,81. Penelitianinimenunjukkanbahwaadapengaruh yang signifikan model Problem Based Learningberbasis Outdoor Studyterhadaphasil belajar Geografisiswakelas XI IIS SMA Negeri1Lawangpadamaterilingkunganhidup.Problem Based LearningberbasisOutdoor Studymendorongsiswauntukbekerjasamadengansiswalaindalammenyelesaikanmasalah yang terjadi, menuntutsiswauntukmengumpulkaninformasi yang relevanmengenaipermasalahansecaralangsung di lapangandanmemungkinkansiswauntukmenghubungkanmateridengansituasidunianyata. Olehsebabitu,disarankankepadapara guru geografiuntukmenerapkan model Problem Based LearningberbasisOutdoor Studysebagaialternatifdalampembelajaransehinggakualitaspembelajarangeografisemakinmeningkat.