Pengaruh model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendarangan ringan semester gasal di SMK Negeri 1 Baureno / Anang Abd. Rozaq

Main Author: Abd. Rozaq, Anang
Other Authors: 1. Partono; 2. Mustaman
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif , 2016
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=73994
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRozaq, Anang Abd. 2015. Pengaruh ModelPembelajaran PBL (Problem Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Semester Gasal di SMK Negeri 1 Baureno. Skripsi, jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Partono, M.Pd, (II) Drs. Ir. Mustaman, M.Pd.Kata Kunci: Problem Based Learning, hasil belajar, pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan, SMK.Pembelajaran di Sekolah Menengah Kejuruan pada dasarnya merupakan pembelajaran yang berorientasi dan bertujuan untuk pembentukan pada dunia kerja. Seharusnya model pembelajaran pada SMK tersebut harus mempresentasikan keaadaan yang terdapat pada dunia kerja. Kenyataanya banyak SMK yang masih menggunakan model pembelajaran yang berpusat pada guru atau banyak yang belum berorientasi pada dunia kerja. Menyadari hal itu perlunya diterapkan model pembelajaran yang lebih berorientasi dan bertujuan pada dunia kerja, pada penelitian ini peneliti mencoba menggunakan model Pembelajaran PBL dan membandingkan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan model ceramah.Rancangan atau desain penelitian ini menggunakan rancangan penelitian eksperimental dengan metode Experimental Semu karena penggunaan perancangan ini dimaksudkan untuk mengungkapkan sebab-akibat dengan cara melibatkan kelas kontrol disamping kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah assignment random sampling yaitu menggunakan kelas yang sudah ada sebagai sampling. Siswa dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen yang dikenai model pembelajaran PBL (Problem Based Learning)dan kelas kontrol yang dikenai model pembelajaran Ceramah.Data dikumpulkan menggunakan teknik tes. Uji hipotesis dilakukan dengan menggunakan Uji-t independent samples test dan Uji-t paried samples test dengan bantuan SPSS 22. Untuk mengetahui signifikansi pengaruh kedua model pembelajaran terhadap hasil belajar dan untuk mengetahui signifikansi pengeruh model pembelajaran PBL (problem based learning) dengan model pembelajaran Ceramah. Taraf signifikansi yang digunakan sebesar 0,05, dan dikatakan terdapat perbedaan hasil belajar jika probabilitas di bawah 0,05.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh penerapan model PBL (Problem Based Learning) terhadap hasil belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan pada Matapelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Semester Gasal SMKN 1 Baureno dengan rata-rata nilai sebesar 86,33. (2) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Ceramah terhadap hasil belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan pada Matapelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Semester Gasal SMKN 1 Baureno dengan rata-rata nilai sebesar 74,83. (3) Terdapat perbedaan hasil belajar Siswa Teknik Kendaraan Ringan pada Matapelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI Semester Gasal SMKN 1 Baureno yang menggunakan penerapan model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) dengan model pembelajaran ceramah dengan nilai rata-rata 86,33 untuk kelas eksperimen dan 74,83 kelas kontrol.