Implementasi kurikulum 2013 pada Program Keahlian Akuntansi di SMK Swasta Kota Pasuruan (studi kasus di SMK PGRI 1 Pasuruan) / Gandis Fahmita
Main Author: | Fahmita, Gandis |
---|---|
Other Authors: | 1. Bambang Sugeng; 2. Suanryanto |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. program Studi Pendidikan Akuntansi
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=73845 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKFahmita, Gandis. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 pada Kompetensi KeahlianAkuntansi di SMK Swasta Kota Pasuruan (Studi Kasus di SMK PGRI 1Pasuruan). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Bambang Sugeng, S.E, M.A,M.M, Ak, (II) Dr. Sunaryanto, M. Ed.Kata Kunci: Kurikulum 2013, Kompetensi AkuntansiPada tahun 2013, pemerintah telah menetapkan beberapa sekolah untukditunjuk menggunakan kurikulum 2013 dan kepada sekolah yang siapmenerapkannya. Pengimplementasian pada proses pembelajaran sesuai standarproses yang berlaku yang menjadikan konsep Kurikulum 2013 dimaksudkan untukagar terbentuk generasi produktif, kreatif, inovatif dan afektif. Namun, pada sekitarakhir tahun 2014, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan beralih keputusandengan menghentikan pelaksanaan Kurikulum 2013 untuk sementara. Hal inididasarkan pada sumber masalah konseptual yang banyak terjadi di lapangan akibatketidaksiapan pelaksana kurikulum dalam menerapkan Kurikulum 2013 sehinggakurikulum ini mengalami pengkajian kembali.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan hal yangmencakup implementasi Kurikulum 2013 seperti penerapan pada prosespembelajaran, ekstrakurikuler dan pelaksanaan struktur kurikulum, serta mengetahuifaktor pendukung dan penghambat dan persepsi guru kompetensi keahlian Akuntansidi SMK PGRI 1 Pasuruan. Sehingga didapatkan gambaran secara alami bagaimanasekolah swasta bukan sasaran dalam melaksanakan Kurikulum 2013.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data penelitianini berupa data deskriptif dari para informan tentang apa yang peneliti rasakan,lakukan dan peneliti alami terhadap fokus penelitian. Penelitian ini berusahamengungkap gejala dengan memperhatikan proses dan makna dari sudut pandangsubjek lebih diperlihatkan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi,wawancara, serta dokumentasi. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatantriangulasi data.Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh kesimpulan bahwapelaksanaan Kurikulum 2013 di SMK PGRI 1 Pasuruan tidak optimal. Kesimpulanini didapatkan hasil analisis data, sebagai berikut: Persepsi warga SMK PGRI 1Pasuruan hanya terbatas pada pengetahuan umum sehingga dalam penerapannyaguru dan siswa mengalami ketidaksiapan. Selain itu, sekolah mengalami banyakkekurangan dalam menerapkan struktur kurikulum dan kegiatan ekstrakurikulerPramuka yang tidak dilaksanakan mengikat. Dalam proses pembelajaran akuntansi,perangkat pembelajaran dan KBM hanya sebagian mencerminkan Kurikulum 2013.Faktor pendukung terlihat pada sarana laboratorium dan dukungan sekolah,sedangkan faktor penghambat terdiri dari kurangnya kemampuan guru melaksanakanpembelajaran yang aktif serta karakter siswa yang kurang baik menyebabkanpembelajaran sesuai Kurikulum 2013 tidak maksimal.