Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Brawijaya Smart School Malang / Happy Kamala Rizqi
Main Author: | Rizqi, Happy Kamala |
---|---|
Other Authors: | 1. Siti Zubaidah ; 2. Nursasi Handayani |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Biologi
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=72742 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKRizqi, Happy Kamala. 2015. Pengaruh Problem Based Learning (PBL) terhadapMotivasidanHasilBelajarSiswaKelas VIII SMP Brawijaya Smart School Malang. Skripsi, JurusanBiologiFakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. SitiZubaidah, M. Pd., (II) Dra. Hj. NursasiHandayani, M. Si.Kata Kunci: Problem Based Learning, Motivasi, HasilBelajar.Penerapanpembelajaranstudent centered di SMP Brawijaya Smart School Malang padafaktanyabelumdapatterealisasisecarapenuh. SekalipunsekolahtelahmenggunakanKurikulum 2013, tetapipenerapan model pembelajaran yang sesuaimasihbelummaksimal. Akibatpembelajaranstudent centered yang belummaksimalinilah, makamempengaruhimotivasidanhasilbelajarsiswa.motivasi yang rendahterlihatdarihanyabeberapasiswa yang aktifdantertarikdenganpembelajaran. Hasilbelajar yang rendahjugaterlihatdaripencapaiannilai yang dibawah KKM masih>15% dari.totalseluruhsiswa.Tujuanpenelitianiniadalah: (1) mengetahuipengaruhProblem Based Learning (PBL) terhadapmotivasibelajarsiswakelas VIII di SMP Brawijaya Smart School Malang dan (2) mengetahuipengaruhProblem Based Learning (PBL) terhadaphasilbelajarsiswakelas VIII di SMP Brawijaya Smart School Malang.Penelitianinimenggunakanrancanganpenelitianeksperimensemu (quasi experiment) denganmenggunakandesainpenelitianpre-test and post-test group. Populasipenelitianiniadalahseluruhkelas VIII SMP Brawijaya Smart School yang terdiridari lima kelas, yaitu VIII A-VIII E. Teknikpengambilansampel yang digunakanadalahrandom sample sehinggadiperolehduakelas VIII sebagaisampel, yaitukelas VIII C sebagaikelaseksperimendan VIII E sebagaikelaskontroldenganmasing-masingkelasterdiridari 25 siswa. Instrumenpenelitian yang digunakanberupalembarobservasiketerlaksanaanpembelajaran, angketdanlembarobservasimotivasibelajar, angketdanlembarobservasihasilbelajarsikap, teshasilbelajarpengetahuan. danlembarobservasihasilbelajarketerampilan. Ujihipotesisdilakukandenganmenggunakanujianakovadanindependent sample t-testpadatarafsignifikansi 0,05.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwatidakadapengaruh PBL terhadapmotivasibelajarsiswakelas VIII SMP Brawijaya Smart School. Pengaruh PBL terhadaphasilbelajarsiswakelas VIII di SMP Brawijaya Smart School Malang padamasing-masingranahadalah: (1) adapengaruh PBL terhadaphasilbelajarsikapsosialsiswa, (2) tidakadapengaruh PBL terhadaphasilbelajar spiritual siswa, (3) adapengaruh PBL terhadaphasilbelajarpengetahuansiswa(4) adapengaruh PBL terhadaphasilbelajarketerampilansiswa. Penerapan PBL untukmeningkatkanmotivasi agar menjadilebihmaksimalsebaiknyadilakukanmodifikasi.