Pengaruh kualitas pelayanan fiskus, kualitas penyuluhan, dan sanksi terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi (studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari) / Ulfa Tri Ardaniah

Main Author: Ardaniah, Ulfa Tri
Other Authors: 1. Endang Sri Andayani ; 2. Najmatul Laily
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Akuntansi , 2015
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=72728
Daftar Isi:
  • ABSTRAKArdaniah, Ulfa Tri. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Fiskus, Kualitas Penyuluhan, dan Sanksi Terhadap Kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi (Studi pada Kantor Pelayanan Pajak Pratama Singosari). Skripsi, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr.Endang Sri Andayani, S.E., M.Si.Ak. (II) Nujmatul Laily, S.Pd.,M.SA.Kata Kunci: kualitas pelayanan fiskus, kualitas penyuluhan, sanksi, kepatuhan wajib pajakPerubahan sistem perpajakan dari Official Assesment menjadi Self Assesment yang memberikan kepercayaan kepada WP dalam pemenuhan kewajiban perpajakan yaitu untuk menghitung, membayar, dan menyampaikan (melaporkan) jumlah pajak terutangnya sendiri, menjadikan kepatuhan sebagai faktor penting untuk mencapai keberhasilan penerimaan pajak secara optimal. Terdapat hubungan yang erat antara kepatuhan WP dan penerimaan pajak, semakin tinggi tingkat kepatuhan WP maka penerimaan pajak juga akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan fiskus, kualitas penyuluhan, dan sanksi berpengaruh terhadap kepatuhan WP orang pribadi di KPP Pratama Singosari.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh WP OP terdaftar di KPP Pratama Singosari sejumlah 70.436. Jumlah sampel penelitian menggunakan rumus Slovin dan didapatkan sampel sebanyak 100 WP OP. Jenis data primer dalam penelitian ini, diperoleh dengan menggunakan teknik kuesioner dan untuk jenis data sekunder peneliti menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan dan kualitas penyuluhan yang diberikan fiskus, maka kepatuhan WP OP juga akan meningkat. Selain itu, variabel sanksi yang diukur melalui persepsi WP menunjukkan bahwa semakin baik persepsi WP tentang sanksi maka kepatuhan WP dalam melaksanakan kewajiban perpajakannya juga meningkat. Mengingat hasil penelitian tersebut, diharapkan KPP Pratama Singosari lebih intensif dalam mengadakan penyuluhan-penyuluhan pajak terpadu untuk memberikan pemahaman yang lebih luas kepada WP tentang pentingnya membayar pajak, pemahaman terhadap peraturan terbaru, serta pengetahuan tentang sanksi apabila WP tidak patuh. Diharapkan dengan usaha penyuluhan secara intensif tersebut kepatuhan WP akan meningkat. Kemudian, bagi peneliti selanjutnya dikarenakan teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini lemah, maka seharusnya untuk penelitian selanjutnya peneliti ikut serta dalam kegiatan penyuluhan yang telah diprogramkan oleh kantor pajak yang menjadi tempat penelitian, sehingga seluruh wajib pajak yang hadir dalam penyuluhan dapat dijadikan sampel penelitian.