Keefektivan konseling ringkas berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa dari keluarga broken home / Sri Ajeng Kusumaningrum

Main Author: Kusumaningrum, Sri Ajeng
Other Authors: 1. H. M. Ramli ; 2. Triyono
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Bimbingan dan Konseling , 2015
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=72676
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKusumaningrum, Sri Ajeng. 2015. Keefektifan Konseling Ringkas Berfokus Solusiuntuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Siswa Dari Keluarga BrokenHome. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Malang, Pembimbing (I) Dr. M. Ramli, M.A. (II) Dr.Triyono, M.Pd.Kata Kunci : konseling ringkas berfokus solusi, motivasi berprestasi, siswa darikeluarga broken homeMotivasi berprestasi adalah salah satu faktor internal yang mempengaruhiprestasi belajar siswa SMK. Salah satu faktor yang mempengaruhi motivasiberprestasi ialah keadaan keluarga, dimana kondisi keluarga yang broken homememiliki keterlibatan secara negatif terhadap motivasi siswa. Berdasarkan hasilobservasi awal menunjukkan bahwa siswa dari keluarga broken home memilikipermasalahan yang berkaitan dengan rendahnya motivasi berprestasi. Konselormembantu siswa dari keluarga broken home cenderung menggunakan modelkonseling direktif yang cenderung memberikan saran yang kurang sesuai dengankeadaan siswa. Dalam penelitian ini, digunakan konseling ringkas berfokus solusiuntuk membantu konseli menuju pada perubahan yang sesuai dengan kondisinya danmengenali potensi dirinya atas permasalahannya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan konselingringkas berfokus solusi untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa dari keluargabroken home. Jenis penelitian ini menggunakan true experimental design, dengandesain penelitian pretest-posttest-control-group-design. Subjek penelitian adalahsiswa kelas X di SMK N 2 Malang sebanyak 12 orang yang terpilih berdasarkanpengisian essai keluarga untuk menentukan siswa kriteria keluarga broken home danpengisian skala motivasi berprestasi sebagai instrumen utama penelitian. Siswa yangberasal dari keluarga broken home yang menjadi subjek penelitian ialah siswa yangmemiliki skor motivasi berprestasi rendah. Teknik analisis data yang digunakanadalah Two-Independent-Sampel Test-Mann Whitney U, yang digunakan untukmengetahui adanya perbedaan skor posttest skala motivasi berprestasi dari subjekpenelitian yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol.Hasil penelitian menggunakan analisis Two-Independent-Sampel Test-MannWhitney U ini diperoleh angka z hitung > z tabel yaitu -2.647. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0.009, dimana 0.009 < 0.05 yang menunjukkan bahwa ada perbedaanyang signifikan antara skor posttest kelompok eksperimen dan skor posttestkelompok kontrol. Hasil uji analisis secara statistik tersebut membuktikan bahwa Hoditolak, sedangkan H&#945; diterima. Sehingga, hasil uji statistik yang telah dijabarkan diatas, merujuk pada kesimpulan hasil penelitian, yakni intervensi konseling ringkasberfokus solusi lebih efektif untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa darikeluarga broken home.