Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis software macromedia flash terhadap hasil belajar pada mata matakuliah elektronika dasar di Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Malang / Antoni Arga Karisma
Main Author: | Karisma, Antoni Arga |
---|---|
Other Authors: | 1. Widiyanti ; 2. Imam Sudjono |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi. Pendidikan Teknik Mesin
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=72227 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKarisma, Antoni Arga. 2015. Pengaruh Penggunaan Media PembelajaranInteraktif Berbasis Software Macromedia Flash Terhadap Hasil BelajarPada Matakuliah Elektronika Dasar Di Jurusan Teknik Mesin UniversitasNegeri Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, JurusanTeknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing:(I) Dra. Widiyanti, M.Pd. (II) Drs. Imam Sudjono, M.T.Kata Kunci : Media pembelajaran macromedia flash, media pembelajaran powerpoint, hasil belajarElektronika dasar adalah salah satu sajian mata kuliah yang ada di FakultasTeknik, khususnya di Jurusan Teknik Mesin. Proses pembelajaran padamatakuliah elektronika dasar yang dilakukan selama ini menggunakan metodepembelajaran secara umum atau lebih bisa dikategorikan menggunakan mediayang keseharian digunakan dalam kegiatan perkuliahan, yaitu menggunakanmedia pembelajaran power point dengan dibantu LCD Projektor.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan antaramedia pembelajaran macromedia flash dan media pembelajaran power pointterhadap hasil belajar mahasiswa pada matakuliah elektronika dasar di JurusanTeknik Mesin Universitas Negeri Malang.Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif menggunakan rancanganpenelitian eksperimental semu dengan pendekatan Nonequivalent control groupdesign, yaitu penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari satuvariabel bebas dengan dua kategori yaitu media pembelajaran macromedia flash(X1) dan media pembelajaran power point (X2) terhadap variabel terikat, yaituhasil belajar mahasiswa pada matakuliah elektronika dasar (Y) yang pengumpulandatanya menggunakan angka atau nilai. Pengumpulan data dilakukan denganmenggunakan pretest dan posttest.Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kenaikan nilai rata-rata totalyang diperoleh antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata totalpretest pada kelas eksperimen yaitu 51,49 dan nilai rata-rata total posttest yaitu75,73 sehingga kenaikan nilainya meningkat menjadi 33,67 %. Untuk nilai ratarata total pretest kelas kontrol yaitu 53,325 dan nilai rata-rata total posttest yaitu70,72 sehingga kenaikan nilainya meningkat menjadi 23,33 %.Kesimpulan yang dapat diambil, bahwa hasil belajar mahasiswa denganmenggunakan media pembelajaran macromedia flash memiliki nilai lebih tinggidaripada hasil belajar mahasiswa dengan menggunakan media pembelajaranpower point pada matakuliah elektronika dasar di Jurusan Teknik MesinUniversitas Negeri Malang.Saran yang dapat diajukan: (1) Bagi dosen Jurusan Teknik Mesin, dapatdigunakan sebagai bahan pertimbangan supaya menggunakan media pembelajaranmacromedia flash dalam proses pembelajaran elektronika dasar, (2) Bagimahasiswa, dapat mengembangkan potensi yang ada dengan maksimal denganmenggunakan media pembelajaran interaktif, (3) bagi peneliti selanjutnya,hendaknya untuk lebih mengembangkan isi dari penelitian yang telah dilakukanoleh peneliti.