Pengembangan sistem pembelajaran berbantuan web dengan mengaplikasikan strategi self-regulated learning / Dinda Aya Sofia

Main Author: Sofia, Dinda Aya
Other Authors: 1. Dedi Kuswandi; 2. Saida Ulfa
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Teknologi Pembelajaran , 2015
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=71429
Daftar Isi:
  • ABSTRAKSofia, Dinda Aya. 2015. Pengembangan Sistem Pembelajaran Berbantuan Web dengan Mengaplikasikan Strategi Self-Regulated Learning.Tesis, Program Studi Teknologi PembelajaranProgram Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Dedi Kuswandi, M.Pd, (II) Saida Ulfa, M. Edu, Ph.D.Kata kunci:Pengembangan Pembelajaran, Web, Strategi Self-Regulated Learning.Pemanfaatan internet di dunia pendidikan bukan lagi menjadi hal yang baru. Program e-learning menjadi salah satu metode pilihan dalam pendidikan saat ini. Dengan konsep belajar ini, pebelajar dapat belajar dengan tak terbatas waktu dan tempat. Tetapi jika dilihat dari keefektifaannya, tidak banyak lembaga pendidikan menjalankannya dengan efektif. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya partisipasi para pengajar dan pebelajar dalam menggunakan e-learning.Penerapan strategi self-regulated learning dalam penelitian ini dilakukan melalui pemanfaatan software aplikasi berbasis web. Web tersebut berisi seperangkat materi yang memungkinkan pebelajar dapat merancang tujuan belajarnya, memilih kegiatan belajarnya, sampai dengan melakukan evaluasi atas tingkat penguasaan materi yang dipelajarinya. Dengan menggunakan sumber belajar ini memungkinkan pebelajar menganalisis tugasnya sendiri, memotivasi dirinya untuk dapat melaksanakan dengan baik, serta memonitor keterlaksanaan kegiatan tersebut.Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk menghasilkan sistem pembelajaran berbantuan web yang di dalamnya menerapkan strategi Self-regulated learning. Selain itu pengembangan ini juga bertujuan untuk menyediakan sebuah lingkungan belajar yang baru bagi pebelajar untuk berkesempatan melakukan interaksi dan diskusi tanpa dibatasi ruang dan waktu. Adapun Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan Lee&Owens. Model yang dikembangkan oleh William W. Lee dan Diana L. Owens ini dipilih berdasarkan beberapa pertimbangan, antara lain model ini dirancang khusus untuk multimedia-based instructional design sehingga sesuai apabila digunakan untuk mengembangkan lingkungan belajar online.Subyek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa Pascasarjana Teknologi Pembelajaran Angkatan 2014.Produk pengembangan ini divalidasikan kepada Ahli Materi, Ahli Media dan Ahli Pembelajaran serta diuji-cobakan kepada mahasiswa Pascasarjana Program Studi Teknologi Pembelajaran Universitas Negeri Malang angkatan 2014 yang berjumlah 24 orang. Dari hasil validasi dan uji coba tersebut diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid sehingga layak digunakan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji hasil uji ahli materi mencapai tingkat kevalidan 93,68%; ahli media mencapai tingkat kevalidan 74%; ahli pembelajaran mencapai tingkat kevalidan 85,33%; hasil uji coba kepada mahasiswa secara perseorangan mencapai tingkat kevalidan 80%; hasil uji coba kelompok kecil mencapai tingkat kevalidan 81,19%, dan hasil uji coba lapangan mencapai tingkat kevalidan 82,95%.Berdasarkan hasil pengembangan, maka diharapkan adanya penelitian-penelitian lain yang sejenis. Misalnya penelitian untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas pembelajaran berbantuan web. Selain itu diharapkan pula untuk dapat menggali lebih dalam tentang teori-teori dan aplikasi teknologi pembelajaran untuk diterapkan dalam pembelajaran.