Hubungan hasil uji kompetensi keahlian, pengalaman praktik kerja industri, dan motivasi kerja dengan kesiapan kerja siswa SMK Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di Kabupaten Trenggalek / Rista Rusdianawati

Main Author: Rusdianawati, Rista
Other Authors: 1. Ahmad Sonhadji ; 2. Muladi
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universities Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Kejuruan , 2015
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=71006
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRusdianawati, Rista. 2015. HubunganHasilUjiKompetensiKeahlian, PengalamanPraktikKerjaIndustri, danMotivasiKerjadenganKesiapanKerjaSiswa SMK KompetensiKeahlianTeknikKomputerdanJaringan di KabupatenTrenggalek.Tesis, Program StudiPendidikanKejuruan, Pascasarjana, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I)Prof. H. A. Sonhadji, K.H., M.A., Ph. D., (II) Dr. Muladi, S.T., M.T.Kata kunci: hasilUKK, pengalamanPrakerin, motivasikerja, kesiapankerja, SekolahMenengahKejuruan, TeknikKomputerdanJaringanSekolahMenengahKejuruan (SMK) sebagaisebagaisalahsatusubsistempendidikannasionalmemilikimisimembekalipesertadidiknyadenganketerampilansertailmupengetahuandanteknologi agar lulusannyasiapuntukbekerja.Beberapafaktorpenting yang menunjangkesiapankerjalulusan SMK adalahkompetensi, pengalamanpraktikkerjaindustri(Prakerin), danmotivasikerja yang baik.Tujuanpenelitianiniyaituuntukmengetahuihubunganantarahasil UKK, pengalamanPrakerin, danmotivasikerjasecaraserentakdengankesiapankerja; hubunganantarahasilUjiKompetensiKeahlian (UKK) dengankesiapankerja; hubunganantarapengalamanPrakerindengankesiapankerja;danhubunganantaramotivasikerjadengankesiapankerjasiswa SMK kompetensikeahlianTeknikKomputerdanJaringan (TKJ) di KabupatenTrenggalek. Penelitianinidilakukanmenggunakanpendekatankuantitatifdenganrancangankorelasional.Populasiyang digunakanadalahseluruhsiswaKelas XII kompetensikeahlian TKJ tahunajaran 2014/2015 di SMKN 1 Pogalan, SMKN 1Suruh, dan SMK Islam 1 Durenan. Pengambilansampeldilakukandenganteknikproportional random samplingdandiperoleh 151 siswasebagairesponden.Data,dianalisismenggunakananalisisdeskriptif, korelasiparsial, korelasiberganda, danregresiberganda.Sebelummelakukananalisistersebut, makaperludilakukanujiprasyarat yang terdiridariujinormalitas, ujilinieritas, ujimultikolinieritas, ujiautokorelasi, danujiheteroskedastisitas.Hasilpenelitianmenunjukkanbahwaterdapathubungan yang signifikandanpositifantarahasil UKK, pengalamanPrakerin, danmotivasikerjadengankesiapankerja;terdapathubungan yang signifikandanpositifantarahasil UKK dengankesiapankerja;terdapathubunganyang signifikandanpositifantarapengalamanPrakerindengankesiapankerja;danterdapathubunganyang positifdansignifikanantaramotivasikerjadengankesiapankerja. Hal inimengandungartibahwasemakinbaikhasil UKK, pengalamanPrakerin, danmotivasikerja, makasemakintinggitingkatkesiapankerjasiswa.Berdasarkanhasilpenelitianini, makarekomendasi yang diajukanantara lain hendaknyapihaksekolahterusmembekalipesertadidikdengankompetensisesuaidenganbidangkeahliannya, meningkatkankerjasamadenganpihakindustri, danmemberikanbimbingankariruntukmeningkatkanmotivasikerjasiswa.Bagipihakindustrihendaknyamembimbing, mengarahkan, danmengawasisiswa yang sedangmelakukanPrakerinterutamaberkaitandenganaspekketerampilandansikap.