Penggunaan media manipulatif melalui strategi react untuk memahamkan persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII SPM Negeri 1 Tirtoyudo / Emilda Tresilia Maggarani

Main Author: Manggarani, Emilda Tresilia
Other Authors: 1. Gatot Muhsetyo ; 2. Tjang Daniel Chandra
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika , 2015
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=70958
Daftar Isi:
  • ABSTRAKManggarani, Emilda T. 2015. Penggunaan Media Manipulatif melalui Strategi REACT untuk Memahamkan Persamaan Linier Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Tirtoyudo. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Drs. Gatot Muhsetyo, M.Sc., (II) Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si, Ph. D.Kata kunci : media manipulatif, memahamkan, persamaan linier dua variabel, strategi REACT Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran menggunakan media manipulatif melalui strategi REACT yang dapat memahamkan siswa mengenai materi persamaan linier dua variabel. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subyek penelitian adalah siswa kelas 8A SMP Negeri 1 Tirtoyudo. Alasan pemilihan subyek adalah karena siswa kelas 8A banyak yang mengalami kesulitan dalam materi persamaan linier dua variabel. Pelaksanaan pembelajaran terdiri dari tiga kegiatan, yaitu kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan akhir. Kegiatan awal terdiri dari pembentukan kelompok, menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai dan memberikan motivasi kepada siswa. Kegiatan inti terdiri dari: a) mengingatkan siswa pada materi prasyarat yaitu persamaan linier satu variabel (relating), b) penemuan konsep melalui diskusi kelompok menggunakan media botol minuman yang berukuran 250 ml, 500 ml, 600 ml dan 1500 ml yang bisa dimodelkan dalam bentuk persamaan linier dua variabel (experiencing & cooperating), c) memberikan permasalahan yang penyelesaiannya menggunakan atau mengaplikasikan konsep-konsep yang telah dipelajari siswa (applying) serta d) penerapan konsep dasar pada situasi yang baru (transferring). Kegiatan akhir yaitu guru bersama siswa membuat kesimpulan hasil pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media manipulatif melalui strategi REACT dapat memahamkan siswa mengenai materi persamaan linier dua variabel. Hasil tes akhir meningkat dari siklus I ke siklus II sebesar 29,8%. Siswa bisa menentukan manakah yang merupakan persamaan linier dua variabel dan mana yang bukan, siswa dapat menentukan dengan tepat selesaian dari persamaan linier dua variabel serta siswa dapat membuat model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan linier dua variabel.