Penerapan problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS kelas IV SDN Pisangcandi 2 Kota Malang / Kusmiati
Main Author: | Kusmiati |
---|---|
Other Authors: | 1. Hj. Utami Widiati ; 2. M. Ramli |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Dasar
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=70943 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKKusmiati, 2015. Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Pisangcandi 2 Kota Malang. Tesis. Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Hj. Utami Widiati, M.A., Ph.D (2) Dr. M. Ramli, M.A.Kata Kunci: Problem Based Learning, Aktivitas, Hasil Belajar IPS.Berdasarkan hasil observasi awal di kelas IV SDN Pisangcandi 2 Malang ditemukan permasalahan pada pembelajaran IPS. Siswa secara keseluruhan kurang memahami pelajaran IPS. Banyak siswa merasa jenuh dan bosan karena pembelajaran hanya bersifat hafalan saja. Proses kegiatan belajar mengajar tidak melibatkan siswa secara aktif sehingga aktivitas siswa sangat minim. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS. Pelaksanaan pembelajaran di kelas masih didominasi guru, siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan diterapkannya model pembelajaran problem based learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan Problem Based Learning untuk meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Pisangcandi 2 Kota Malang.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain yang mengacu pada model Kemmis & Taggart yang meliputi: merencanakan, tindakan dan pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Pisangcandi 2 Malang dengan subjek penelitian 32 siswa kelas IV tahun pelajaran 2014/2015. Pelaksanaan penelitian dilakukan selama 2 siklus masing-masing siklus dilakasanakan Siklus I empat kali pertemuan dan siklus II tiga kali pertemuan. Pengumpulan data diperoleh dari lembar observasi, tes hasil belajar, catatan lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan problem based learning untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas IV SDN Pisangcandi 2 Malang terlaksana dengan sangat baik. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah aktivitas siswa mencapai kriteria cukup aktif (70%) dan ketuntasan belajar klasikal yang mencapai 85%. Aktivitas siswa pada siklus I tergolong kriteria aktif, pada siklus II aktivitas siswa tergolong kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan 23 siswa tuntas belajar, pada siklus II meningkat menjadi 29 siswa tuntas belajar. Dapat disimpulkan bahwa peningkatan aktivitas dan hasil belajar terjadi karena penerapan problem based learning dengan tahapan: (1) Orientasi peserta didik pada masalah dengan menggunakan media gambar, (2) mengorgasnisasi peserta didik, (3) membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya, (5) menganalisis dan mengevaluasi proses dan hasil pemecahan masalah.