Penerapan pembelajaran model murder untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelasa V SDN Arjosari 3 Kecamatan Blimbing Kota Malang / Khusnul Khotimah

Main Author: Khotimah, Khusnul
Other Authors: 1. Hj. Sri Sugiarti ; 2. Hj. Murtiningsih
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2015
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=70930
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKhotimah, Khusnul.2014. Penerapan Model Pembelajaran MURDER UntukMeningktakanAktivitas Dan HasilBelajar IPSKelas VSDN Arjosari 3 KecamatanBlimbing Kota Malang.Skripsi.Jurusan KSDP, FakultasIlmuPendidikan, UniversitaNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Hj. Sri Sugiharti, M.Pd., (II) Dra.Hj.Murtiningsih.M.Pd.Kata Kunci :Pembelajaran MURDER, AktivitasBelajar, HasilBelajar IPS SD.Kenyataan yang adadilapanganmenunjukkanbahwakegiatanpembelajaranmemangkurangmelibatkansiswa.Kurangnyaketeribatansiswadalampembelajaranmenyebabkanpengembangankemampuansiswabaikdalamaspekkognitif, afektif, maupunpsikomotormenjaditerhambat.Berdasarkanhasilpengamatanawal yang dilakukanolehpeneliti, diketahuibahwasiswakelas V berjumlah 29 orang tidakberkonsentrasidalmbelajar. Siswaterlihatbosansaatpembelajaranberlangsung, siswamengobroldengansiswalain, dantidakmerespondengansiswalain, dantidakmeresponpertanyaandari guru yang mengakibatkanhasilbelajarsiswa semester 1 kurangmaksimal.Penelitianinibertujuanuntukmendeskripsikanpenerapan model pembelajaranMURDER, mendeskripsikanAktivitasbelajarsiswa, danmendeskripsikanhasilbelajarsiswapadamatapelajaran IPS di kelas V SDN Arjosari 3 KecamatanBlimbing Kota Malang. Penelitianinimenggunakan model MURDER ((Mood, Understand, Recall, Detect, Elaborate, Review). Rancanganpenelitian PTK (PenelitianTindakanKelas).Kegiatandimulaidaritahap (1) Merumuskanmasalah, (2) Menyusuninstrumen, (3) pengumpulan data, (4) Mengklasifikasi data, (6) Menganalisisdan(7) Menarikkesimpulan.HasilpenelitianinimenunjukkanPenerapan model MURDER padapembelajaran IPS kelas V di SDN Arjosari 3 Kota Malang telahdilaksanakandenganbaikdantepat.Baik guru maupunsiswatelahmelaksanakan model MURDER inimulaidarisiklus I sampaisiklus II. Terbuktidarihasilobservasi, aktivitas guru dansiswa yang mengalamipeningkatanpadatiappertemuan.Penerapan model MURDER padapembelajaran IPS kelas V di SDN Arjosari 3 Kota Malang dapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa.Hal inidibuktikandenganadanyaperolehan rata-rata hasilbelajarsiswadanketuntasanbelajarklasikal yang meningkathinggalebihdari 70%.Berdasarkanhasiltersebutdiperolehkesimpulanmateri yang adasudahsesuaidengankurikulum 2013, keterpaduanmatapelajaran rata-rata sudahmenggabungkanlebihdaritigamatapelajaran. HarapanPeneliti guru diharapkandapatmenciptakanvariasipembelajaran, sehinggasiswaantusiasdalammengikutipelajaran, guru dapatmenggunakanpembelajaran MURDER padamateripokok yang lainuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswapadapembelajaran IPS.