Peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) pada mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran di SMK PGRI 3 Malang / Fadhlillah Imam Kurnain

Main Author: Kurnain, Fadhlillah Imam
Other Authors: 1. Suwarni ; 2. Handri Dian Wahyudi
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Tata Niaga , 2015
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=70436
Daftar Isi:
  • ABSTRAKKurnain, Fadhlillah Imam. 2015. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS) Pada Mata Pelajaran Pengelolaan Usaha Pemasaran di SMK PGRI 3 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Niaga Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Suwarni, M.Si, (II) Handri Dian Wahyudi, S.E., M.Sc.Kata Kunci: Model Pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS), hasil belajarSebagian siswa kelas XPJB di SMK PGRI 3 Malang pada mata pelajaran Pengelolaan Usaha Pemasaran memperoleh hasil belajar yang kurang. Salah satu pemecahannya adalah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif. Pembelajaran kooperatif menawarkan beberapa model, salah satunya adalah model two stay two stray. Melalui model pembelajaran kooperatif two stay two stray siswa dilatih bekerjasama, saling mendengarkan pendapat teman dan bertanggung jawab menunjukkan penguasaannya terhadap materi yang ditugaskan oleh guru. Struktur two stay two stray memberi kesempatan kepada kelompok untuk membagi hasil dan informasi dengan kelompok lain. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: 1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran two stay two stray pada mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran di SMK PGRI 3 Malang, 2) Apakah penerapan model pembelajaran two stay two stray pada mata pelajaran pengelolaan usaha pemasaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XPJB SMK PGRI 3 Malang, 3) Apakah kendala dan solusi saat penerapan model pembelajaran two stay two stray pada mata pengelolaan usaha pemasaran siswa kelas XPJB SMK PGRI 3 Malang?Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pengelolaan usaha pemasaran siswa kelas XPJB semester genap 2014/2015 di SMK PGRI 3 Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelitian adalah siswa kelas XPJB SMK PGRI 3 Malang tahun 2014/2015. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Setiap siklus mencakup 4 tahap kegiatan yaitu: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penerapan model Two Stay Two Stray yaitu: (a) pembagian kelompok, (b) pembagian handout, (c) berdiskusi, (d) bertamu ke kelompok lain, (e) evaluasi; 2) dalam penerapan model pembelajaran two stay two stray terjadi peningkatan pada hasil belajar ranah kognitif dan ranah afektif. Dalam ranah kognitif prosentase ketuntasan pra tindakan yaitu 26% meningkat pada siklus I menjadi 76% dan pada siklus II meningkat menjadi 92%. Pada ranah afektif prosentase ketuntasan pra tindakan yaitu 41% menjadi 68% pada siklus I dan 88% pada siklus II; 3) salah satu kendala penerapan model pembelajaran two stay two stray yaitu memerlukan manajemen waktu yang lebih baik sehingga guru harus lebih cermat dalam memanajemen waktu.Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat diberikan peneliti yaitu: 1) guru disarankan untuk menggunakan pembelajaran kooperatif model two stay two stray dalam kegiatan belajar mengajar, 2) siswa lebih mempersiapkan diri sebelum mengikuti pembelajaran di kelas, yang diharapkan siswa akan lebih mampu dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, 3) disarankan untuk peneliti selanjutnya agar lebih memperhatikan penggunaan waktu dalam kegiatan penelitian dan menggunakan metode pembelajaran kooperatif model two stay two stray pada mata pelajaran lain.