Pengaruh strategi pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 9 Malang pada materi hidrolisis garam / Dyastri Sudariyati
Main Author: | Sudariyati, Dyastri |
---|---|
Other Authors: | 1. Munzil ; 2. Mohammad Shodiq Ibnu |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Kimia
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=69987 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKSudariyati, Dyastri. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMAN 9 Malang pada Materi Hidrolisis Garam. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Munzil, S.Pd, M.Si. (II) Drs. Mohammad Shodiq Ibnu, M.Si.Kata Kunci : Pembelajaran Team-Assisted Individualization (TAI), Hasil Belajar Kognitif Hidrolisis Garam.Siswa tidak diajarkan menemukan pengetahuan dan konsep secara mandiri dan memiliki penafsiran yang berbeda-beda terhadap gambaran mikroskopisnya. Guru cenderung sering menggunakan metode pembelajaran konvensional yang menganggap bahwa penafsiran setiap siswa disamakan. Strategi pembelajaran yang digunakan guru kebanyakan merupakan strategi pembelajaran Ekspositori. Strategi pembelajaran ekspositori adalah strategi pembelajaran yang menekankan kepada proses penyampaian materi secara verbal dari seorang guru kepada sekelompok siswa dengan maksud agar siswa dapat menguasai materi. Strategi kooperatif yang berhubungan dengan perhitungan serta pemahaman konsep adalah Teams Assisted Individualization (TAI). Pada pembelajaran dengan menggunakan Teams Assisted Individualization (TAI) pada materi hidrolisis garam ini juga mengabungkan antara pembelajaran individu dan pembelajaran kooperatif atau kelompok untuk mendiskusikan konsep yang bersifat abstrak. Serta memastikan bahwa tiap anggota tim telah menguasai konsep yang dipelajarinya untuk mengerjakan serangkaian test dengan baik serta dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar pada materi Hidrolisis Garam siswa kelas XI SMAN 9 MalangRancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian ini adalah rancangan penelitian eksperimental semu (quasy experimental design) dengan metode posttest only control group design. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik random sampling melalui dua kali undian. Kelas eksperimen yakni kelas XI MIA 4 dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran TAI dan kelas yakni XI MIA 6 kontrol dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan berupa instrumen perlakuan (silabus, RPP, LKS) dan instrumen pengukuran (tes hasil belajar,). Nilai kuis dan nilai ulangan harian dianalisis dengan analisis statistika dengan menggunakan bantuan program SPSS 20.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: ada pengaruh strategi pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) terhadap hasil belajar pada materi Hidrolisis Garam siswa kelas XI SMAN 9 Malang. Rata-rata nilai hasil belajar kognitif materi Hidrolisis Garam siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran TAI Konsep lebih tinggi (x ̅= 81,07) daripada siswa yang dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori (x ̅ = 75,33).