Peningkatan pembelajaran IPS melalui media buklet pada siswa kelas V di SDN Sumber 02 Kabupaten Malang / Rezita Rahma Puspaningrum

Main Author: Puspaningrum, Rezita Rahma
Other Authors: 1. H. Alif Murdiono ; 2. Rochani
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 2015
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=69916
Daftar Isi:
  • ABSTRAKRahma, Rezita Puspaningrum. 2015. Peningkatan Pembelajaran IPS Melalui Media Buklet pada Siswa Kelas V di SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar. Skripsi, Jurusan KSDP Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Alif Mudiono, M.Pd, (II) Drs. Rochani, S.PdKata Kunci : peningkatan, pembelajaran, ilmu pengetahuan sosial, media buklet.Berdasarkan hasil observasi pembelajaran IPS yang dilakukan di kelas V SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar diketahui bahwa (1) pembelajaran IPS kurang menarik karena kegiatan pembelajaran lebih didominasi guru, (2) pembelajaran yang kurang bervariasi karena hanya terbatas pada kegiatan menyimak dan mencatat materi pelajaran, (3) guru tidak menggunakan media pembelajaran, dan (4) guru jarang melibatkan siswa. Dari 20 siswa yang ada, hanya 8 siswa yang tuntas belajar, sedangkan 12 siswa lainnya belum tuntas belajar. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media buklet pada pembelajaran IPS, (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas V SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah semua yang ada dalam wilayah penelitian, yaitu peneliti yang bertindak sebagai guru dan siswa kelas V SDN Sumber 02 Blitar. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mendukung data penelitian ini meliputi: (1) observasi, (2) tes, (3) catatan lapangan, dan (4) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan media buklet yang dilakukan dapat meningkatkan pembelajaran IPS. Persentase ketuntasan nilai akhir siswa pada pembelajaran IPS pada siklus I adalah 75%, sebanyak 15 siswa tuntas dengan perolehan nilai ≥70. Persentase siswa yang belum tuntas belajar adalah 25% atau sebanyak 5 siswa. Persentase ketuntasan nilai akhir siswa pada pembelajaran IPS pada siklus II adalah 85%, sebanyak 17 siswa tuntas dengan perolehan nilai ≥70. Sedangkan persentase siswa yang belum tuntas belajar adalah 15% atau sebanyak 3 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran IPS pada materi peranan tokoh pejuang dan masyarakat dalam mempersiapkan dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia dengan menggunakan media buklet dapat meningkatkan pembelajaran IPS kelas V di SDN Sumber 02 Kabupaten Blitar. Untuk itu, diharapkan guru dapat menggunakan media pembelajaran yang tepat, guna keterlaksanaan proses pembelajaran yang optimal sehingga tujuan dari pembelajaran dapat tercapai.