Penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar mata pelajaran teknik listrik siswa kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 3 Boyolangu Kabupaten Tulungagung / Dyah Qurniatush Sholehah
Main Author: | Sholehah, Dyah Qurniatush |
---|---|
Other Authors: | 1. Dwi Prihanto ; 2. Sujono |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Teknik Elektro
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=68624 |
Daftar Isi:
- Sholehah, Dyah Qurniatush. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Elektronika Industri di SMK Negeri 3 Boyolangu Tulungagung. Skripsi, S1 Pendidikan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Dwi Prihanto, S.S.T., M.Pd. (II) Drs. Sujono, M.T.Kata Kunci: Problem Based Learning, aktivitas belajar, hasil belajar    Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X TEI I SMKN 3 Boyolangu Tulungagung diketahui bahwa kegiatan pembelajaran tidak terlaksana dengan baik. Pada saat kegiatan pembelajaran Teknik Listrik, siswa terlihat mengantuk dan bosan. Dari 37 siswa di kelas TEI I, hanya sekitar tujuh sampai sembilan siswa yang aktif mengikuti proses pembelajaran. Hasil belajar siswa rendah yaitu hanya sebesar 51,35% siswa yang mencapai standar ketuntasan minimal dengan rerata 2,90. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka perlu dilakukan penelitian tentang penerapan pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Salah satu tindakan perbaikan adalah dengan penerapan model Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X TEI I SMKN 3 Boyolangu Tulungagung.     Penelitian ini mengacu pada model penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Subjek penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini yaitu siswa kelas X TEI I semester ganjil tahun ajaran 2014-2015 SMKN 3 Boyolangu Tulungagung yang berjumlah 37 siswa. Dalam penelitian ini data yang diperoleh berupa aktivitas dan hasil belajar siswa serta data pendukung berupa aktivitas guru.     Hasil penelitian untuk hasil belajar ranah pengetahuan menunjukkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning memiliki rerata 3,02 dengan ketuntasan belajar siswa 64,86% pada siklus I, selanjutnya rerata 3,25 dengan ketuntasan belajar siswa 72,97% pada siklus II, dan rerata 3,5 dengan ketuntasan belajar siswa 94,59%. Untuk persentase hasil belajar ranah sikap menunjukkan peningkatan pada predikat yang diperoleh siswa terbanyak dari C (cukup) 62,16% pada siklus I, B (baik) 54,05% pada siklus II, dan SB (sangat baik) 48,65% pada siklus III. Sedangkan skor tertinggi dari hasil belajar ranah keterampilan pada siklus I adalah indikator gerakan refleks sebesar 2,54, siklus II dan III skor tertinggi pada indikator mengumpulkan informasi sebesar 3,00 dan 3,59. Aktivitas yang dinilai adalah kegiatan visual, lisan, mendengarkan, menulis, metrik, mental, dan emosional. Aktivitas siswa meningkat dari 55,41% pada siklus I, 70,17% pada siklus II, dan 87,93% pada siklus III.