Pengaruh faktor sosial, pribadi, dan psikologis terhadap keputusan pembelian smartphone Samsung (studi pada mahasiswa Program Studi S1 Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang) / Muhammad Zainuddin

Main Author: Zainuddin, Muhammad
Other Authors: 1. Heri Pratikto ; 2. Titis Shinta Dewi
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Manajemen , 2015
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=68006
Daftar Isi:
  • Zainuddin, M. 2014. PengaruhFaktorSosial, Pribadi, danPsikologisTerhadapKeputusanPembelianSmartphone Samsung (StudiPada Mahasiswa Program Studi S1 ManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang).Skripsi, JurusanManajemen, FakultasEkonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. H. HeriPratikto, M.Si. (II) Dr. TitisShintaDhewi, SP., M.M.Kata Kunci:FaktorSosial, FaktorPribadi, FaktorPsikologis,KeputusanPembelianPerkembanganteknologikomunikasidaninformasiterusmengalamikemajuan.Seiringdengankemajuandanperkembangantersebutperangkatkomunikasibukanlagimenjadikebutuhansekundertetapisudahmenjadikebutuhan primer.Hal inimengakibatkanIndustriteleponselulermengalamiperkembangan yang pesat, baik di negaramajuataupunsedangberkembang.Pasarponselpintar (smartphone) di Indonesia sangatlahpotensial yang mengakibatkanhampirseluruhproduksmartphonedariberbagai vendor masuk di Indonesia.Di tengahbanyaknyamereksmartphone yang beredar di masyarakat, Samsung hadirsebagaipemimpin di pasarsmartphonedengantingkatpenjualantertinggi di dunia.Tujuanpenelitianiniadalahuntukmengetahuibagaimanakondisifaktorsosial, pribadi, psikologi, dankeputusanpembelianSmartphone Samsung, mengetahuipengaruhfaktorsosial, pribadi, danpsikologisterhadapkeputusanpembelianbaiksecaraparsialatausimultandanmengetahuivariabel yang dominanmempengaruhikeputusanpembelianSmartphone Samsung. Jenispenelitianiniadalahpenelitiankuantitatifdankausal.PopulasidalampenelitianiniadalahMahasiswa Program studi S1 ManajemenFakultasEkonomiUniversitasNegeri Malang angkatan 2012penggunaSmartphone Samsung. Teknik sampling yang digunakanadalahproporsional random sampling terhadap 54responden.Sedangkanteknikanalisis data menggunakananalisisregresi linear berganda. Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: (1) FaktorsosialsecaraparsialberpengaruhpositifsignifikanterhadapkeputusanpembelianSmartphone Samsung; (2) FaktorpribadisecaraparsialberpengaruhpositifsignifikanterhadapkeputusanpenggunaanpembelianSmartphone Samsung; (3) FaktorpsikologissecaraparsialbepengaruhpositifsignifikanterhadapkeputusanpembelianSmartphone Samsung; (4) Faktorsosial, pribadi, danpsikologissecarasimutanbepengaruhpositifsignifikanterhadapkeputusanpembelianSmartphone Samsung; (5) Faktorsosialmerupakanfaktor yang paling dominanmempengaruhikeputusanpembelianSmartphone Samsung.Berdasarkanhasilanalisisdantemuandalampenelitianini, penulismenyarankan: (1) BagianinovasidanproduksiSmartphone Samsung,inovasi-inovasiproduk yang mendukungkemudahandalamakses internetharusterusdilakukanuntukmejagaposisi Samsung sebagaipemimpinpasar di duniaSmartphone. Variasipadaprodukbaruterutaamaoperating system yang diciptakanakanmenjadipembedaataucirikhasdibandingkandenganproduk lain sehingga Samsung akanmampumenghadapipersaingandantetapmenjadipilihanutamaparapenggunaSmartphone; (2)BagiCounter SmartphoneSamsung memperbanyakjumlahcounterdisetiapkota, halinidimaksudkan agar produk-produk Samsung semakinmudahdidapatkan. Selainitusebaiknyadisetiapcounter memilikitenagaahlidankomponen-komponensmartphone Samsung yang lengkap, agar pelayananperbaikanapabilaterjadikerusakanatauklaimgaransibisadilakukandengancepat; (3)Bagipenelitiselanjutnyasebaiknyamenambahkanvariabelbudaya yang merupakanbagiandariperilakukonsumendalamkeputusanpembeliansertamenambahkanvariabelatributproduk