Minat membaca dan pengaruhnya terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V sekolah dasar / Ikbal

Main Author: Ikbal
Other Authors: 1. Imam Agus Basuki ; 2. Nurchasanah
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Dasar , 2015
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=67942
Daftar Isi:
  • Ikbal. 2014. Minat Membaca dan Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Tesis, Program Studi Pendidikan Dasar, Pascasarjana, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. Imam Agus Basuki, M.Pd., (II) Dr. Nurchasanah, M.PdKata kunci : Minat Membaca, Membaca PemahamanMembaca merupakan jendela dunia, maka dari itu pada pendidikan formal baik itu di tingkat dasar, menengah, maupun pendidikan tingkat tinggi selalu diupayakan terjadinya peningkatan minat dan kompetensi membaca. Adapun salah satu kompetensi membaca yang perlu dikuasai adalah membaca pemahaman.Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan minat membaca siswa kelas V SDN Putat Kidul 01, (2) mendeskripsikan perbedaan minat membaca siswa laki-laki dan perempuan kelas V SDN Putat Kidul 01, (3) mendeskripsikan perbedaan kemampuan membaca pemahaman siswa laki-laki dan perempuan kelas V SDN Putat Kidul 01, dan (4) mendeskripsikan pengaruh minat membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Putat Kidul 01.Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan subjek 53 siswa kelas V SDN Putat Kidul 01. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa soal tes dan angket minat membaca. Sumber data diperoleh langsung dari siswa kelas V SDN Putat Kidul 01. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analasis faktor dan analisis regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) indikator-indikator yang mempengaruhi minat membaca adalah frekuensi membaca, jumlah bacaan yang dibaca, waktu untuk membaca, pengaruh orang lain, tujuan membaca, jenis bacaan, dan manfaat yang diperoleh setelah membaca, (2) tidak ada perbedaan yang signifikan minat membaca antara siswa laki-laki dan perempuan kelas V SDN Putat kidul 01, (3) tidak ada perbedaan yang signifikan kemampuan pemahaman membaca antara siswa laki-laki dan perempuan kelas V SDN Putat kidul 01, dan (4) ada pengaruh minat membaca terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Putat Kidul 01.Berdasarkan hasil penelitian disarankan bagi (1) siswa sebaiknya meningkatkan frekuensi membaca, jumlah bacaan yang dibaca, dan waktu untuk membaca. Serta memperhatikan tujuan dalam membaca, jenis bacaan, manfaat yang diperoleh dan merespon ajakan orang lain yang mempengaruhi minat membaca agar dapat meningkatkan minat membaca dan membaca pemahaman, (2) guru hendaknya terus berupaya untuk meningkatkan minat membaca para siswa dengan memperhatikan indikator-indikator minat membaca yang telah ditemukan, (3) sekolah seharusnya memiliki kegiatan-kegiatan yang dapat meningkatkan minat membaca siswa agar dapat meningkatkan kualitas lulusan , (4) peneliti lanjut diharapkan dapat melakukan penelitian yang lebih mendalam khususnya tentang membaca dan indikator-indikator yang mempengaruhi minat membaca ini bisa dijadikan referensi.