Pengaruh model pembelajaran cooperative tipe pairs check untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X-7 MA Negeri Malang 2 Batu / Defri Murain Palupiyana

Main Author: Palupiyana, Defri Murain
Other Authors: 1. I Wayan Legawa ; 2. Nurhadi
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Sejarah , 2015
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=67580
Daftar Isi:
  • Defri Murain Palupiyana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Pairs Check Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X7 Ma Negeri Malang 2 Batu. Skripsi, Jurusan Pendidikan Sejarah, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. I Wayan Legawa, M. Si, (II) Drs. Nur Hadi, M.Pd, M,SiKata kunci : pembelajaran cooperative, motivasi, tipe pairs cheks Hasil observasi dalam kegiatan pembelajara pada siswa kelas X-7 MA Negeri Malang 2 Batu dapat diperoleh beberapa gambaran tentang pembelajaran sejarah, yang di temukan hal-hal sebagai (1)kondisi pelajaran masih banyak tertuju dari pendapat guru. (2) adanya siswa yang pada waktu pembelajaran masih suka berdiskusi diluar materi pembelajaran dengan teman sebangkunya. (3) Kurangnya antusias murid terhadap pembelajaran Sejarah, dimana siswa yang diberikan pertanyaan hanya sedikit yang menanggapi. Berdasarkan latar belakang tersebutrumusan masalahnya disusun sebagai berikut: (1) Bagaimana pelaksanaan Model pembelajaran Pairs Check di kelas X-7 MA Negeri Malang 2 Batu? (2)Bagaimanakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran Cooperative Tipe Pairs Check terhadap motivasi belajar siswa di kelas X-7 MA Negeri Malang 2 Batu?Penelitian ini bersifat kualitatif yang dimana berjenis Penelitian menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Menurut Hopkins penelitian kelas adalah kombinasi prosedur penelitian dengan tindakan substantif inkuiri atau usaha seseorang untuk memahami apa yang sedang terjadi, sambil terlibat dalam sebuah proses perbaikan dan perubahan. Kegiatan penelitian dilakukan dalam dua siklus dengan beberapa langkah, yaitu (1) perencanaan, (2) tindakam dan observasi, (3) refleksi. Hasil penelitian pada saat menggunakan metode pembelajaran cooperative tipe pairs cheks pada pelajaran dengan materi prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah.Penelitian yang dilaksanakan dengan model pembelajaran Cooperative tipe Pairs Check di kelas X-7 MA Negeri Malang II Batu, dilaksanakan dalam dua siklus. Lalu tahap yang pertama, yaitu tahap pairini guru membagi siswa dalam 8 kelompok. Satu kelompok berisi dari 4 orang, dan dalam satu kelompok di bagi jadi 2 kelompok kecil( kelomok A dan B). Lalu guru memberikanmasing-masing kelompok kecil tersebut tugas untuk mereka bahas dan diskusikan oleh temannya. Setelah itu pada tahap check dari hasil hasil jawaban mereka ditukarkan untuk saling dikoreksi untuk disempurnakan jawaban mereka.Pada aspek motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran siswa menalami peningkatan sebanyak 9,63%. Dalam interaksi siswa dengan guru dan siswa lain dalam mengikuti pembelajaran sejarah mengalami suatu peningkatan sebanyak 8,59%. Kerjasama siswa dengan teman sekelompok juga mengalami peningkatan sebanyak 1.82%. setta pa aspek yang terakhir tentang mengerjakan soal dan tugas yang diberikan oleh guru mengalami peningkatan sebanyak 4.68%. Dari hasil angeket tersebut dapat disimpukan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperaive tipe Pairs Check diperoleh lebih dari 50% siswa termotivasi dan dari siklus I sampai siklus II ini siswa mengalami peningkatan motivasi dalam belajarBerdasarkan hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran cooperative tipe pairs checks pada pelajaran dengan materi prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah dapat memberikan motivasi belajar kepada siswa. Maka dapat dismpulkan bahwa meningkatnya motivasi siswa dan keaktifan siswa pada mata pelajaran sejarah di kelas X-7 MA Negeri Malang 2 Batu tetang materi penggunaan prinsip-prinsip dasar penelitian sejarah dengan menggunakan metode cooperative tipe pairs check mengalami peningkatan.Dalam penggunaan metode cooperative tipe pairs check dapat menyarankan kepada guru untuk mengunakan metode ini sebagai alternative kegiatan belajar siswa agar lebih aktif damn memotivasi siswa dalam belajar. Dari penelitian membuat Kepala sekolah untuk memotivasi guru metode pembelajran yang bervariasi dalam melagsanakan pembelajaran.