Peningkatan hasil belajar IPS melalui metode role playing bagi siswa kelas III SDN Turi 02 Kota Blitar / Sunsusi Metubun
Main Author: | Metubun, Sunsusi |
---|---|
Other Authors: | 1. Sunyoto ; 2. Sri Murdiyah |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi PGSD
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=66914 |
Daftar Isi:
- Metubun, Sunsusi. 2014. Peningkatan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Bermain Peran (Role Playing) Bagi Siswa Kelas III SDN Turi 02 kecamatan sukorejo Kota Blitar. Skripsi, Program SI PGSD jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang.Pembimbing: (I) Drs. Sunyoto, S.Pd,M. si, (II) Dra. Sri Murdiyah, M.Pd Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Role Playing Berdasarkan hasil observasi awal yang telah dilakukan oleh peneliti di SDN Turi 02 Kota Bitar, pada pelaksanaan pembelajaran IPS ditemukan suatu masalah yaitu dari 28 siswa hanya 8 orang saja yang nilainya dapat mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) yang telah ditetapkan yaitu 70, sedangkan 20 siswa masih belum dapat mencapai KKM. Banyaknya siswa yang mendapat nilai dibawah KKM disebabkan karena pembelajaran berpusat pada guru dan metode pembelajaran yang digunakan guru kurang menarik. Metode penelitian yang digunakan adalah PTK. Langkah-langkah penelitian berupa perencanaan pelakanaan, observasi dan refleksi. Data yang diperoleh berupa hasil tes, lembar hasil observasi dan dokumentasi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran IPS kelas III di SDN Turi 02, diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS di kelas III. Permasalahan tersebut antara lain: (1) kurang dikemasnya pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model inovatif, dan menyenangkan, (2) pembelajaran IPS kurang menarik minat para siswa, (3) siswa bosan menghafal konsep-konsep yang disampaikan dalam pembelajaran, (4) kurangnya rasa ingin tahu siswa terhadap materi pembelajaran IPS sehingga motivasi siswa dan hasil belajar siswa belum optimal, dari 28 siswa yang tuntas belajar sebanyak 8, dan siswa yang belum tuntas 20 siswa. Untuk itu perlu diadakan penyesuaian / perbaikan dalam hal metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai adalah metode role playing, yaitu metode pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa menemukan makna diri di dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Penelitian Tindakan Kelas ini di lakukan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Turi 02 Kota Blitar Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode role playing pada pembelajaran IPS telah berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas III SDN Turi 02. Hal ini dilihat dari hasil observasi tentang aktivitas siswa serta rata-rata evaluasi yang terus meningkat. Berdasarkan hasil observasi, sebagian besar siswa sudah berani bertanya/menjawab serta melaporkan hasil diskusi. Hasil belajar siswa terus meningkat mulai dari rata-rata sebelumnya (57,32) mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata sebelumnya (64,64) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya yaitu (35,71) meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelas sebesar (83,57) dan persentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (94,28) disarankan untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seoptimal mungkin.