Identifikasi pemahaman representasi makroskopik, mikroskopik dan simbolik siswa kelas XI IPA SMAN 1 Probolinggo pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan / Devy Dwi Lestari
Main Author: | Lestari, Devy Dwi |
---|---|
Other Authors: | 1. Effendy ; 2. Mohammad Sodiq Ibnu |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Kimia
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=66838 |
Daftar Isi:
- Lestari, Devy. 2014. Identifikasi Pemahaman Representasi Makroskopik, Mikroskopik, dan Simbolik Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Probolinggo pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan. Skripsi, Jurusan Kimia, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Effendy, Ph.D., (2) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu, M.Si. Kata-kata kunci: pemahaman representasi, makroskopik, mikroskopik, simbolik,kelarutan dan hasil kali kelarutan Kelarutan dan hasil kali kelarutan adalah salah satu materi dalam pelajaran kimia yang perlu dijelaskan dengan ketiga level representasi, makroskopik, mikroskopik, dan simbolik. Pembelajaran materi kelarutan dan hasil kali kelarutan harus menekankan pada ketiga level representasi tersebut. Kenyataannya, pembelajaran kelarutan dan hasil kali kelarutan cenderung hanya menekankan pada pemahaman representasi makroskopik dan simbolik. Pengukuran hasil belajar selama ini juga masih didominasi oleh soal-soal yang berkaitan dengan representasi makroskopik dan simbolik saja, sehingga hal ini membuat pemahaman representasi mikroskopik siswa cenderung lebih rendah dari pemahaman representasi makroskopik dan simboliknya. Oleh karena itu penelitian tentang pemahaman representasi makroskopik, mikroskopik, dan simbolik siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan perlu untuk dilakukan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi dan membandingkan pemahaman representasi makroskopik, mikroskopik dan simbolik siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah kelas XI IPA SMAN 1 Probolinggo yang terdistribusi dalam lima kelas homogen. Sampel penelitian adalah kelas XI IPA B dan XI IPA D yang dipilih berdasarkan teknik cluster random sampling. Data penelitian ini adalah skor hasil belajar kognitif yang berkaitan dengan pemahaman representasi makroskopik, mikroskopik dan simbolik siswa. Skor ini dikumpulkan dengan menggunakan tes pilihan ganda yang terdiri dari 9 item soal untuk setiap aspek pemahaman. Hasil uji coba instrumen memberikan validitas isi sebesar 90,1% dan koefisien reliabilitas yang diukur dengan rumus Alpha Cronbach sebesar 0,87. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman siswa tentang representasi makroskopik dan simbolik termasuk dalam kategori rendah, sedangkan tingkat pemahaman siswa tentang representasi mikroskopik termasuk dalam kategori sangat rendah. Di samping itu, pemahaman siswa tentang representasi simbolik adalah tertinggi, sedangkan pemahaman siswa tentang representasi mikroskopik adalah terendah