Persepsi siswa terhadap pembelajaran seni lukis kompetensi ekspresi di kelas VIII SMP Negeri 18 Malang / Insan Mukti Surgawi
Main Author: | Surgawi, Insan Mukti |
---|---|
Other Authors: | 1. Tjitjik Sriwardani ; 2. A.A.G. Arimbawa |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Seni Rupa
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=66448 |
Daftar Isi:
- Surgawi, Insan Mukti. 2014. Persepsi Siswa terhadap Pembelajaran Seni Lukis Kompetensi Ekspresi di Kelas VIII SMP Negeri 18 Malang. Skripsi, Jurusan Seni dan Desain, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Tjitjik Sriwardani, M.Pd. (2) Drs. A A G Arimbawa.M.Sn.Kata Kunci: Persepsi, seni lukis, kompetensi ekspresi, Mata pelajaran seni budaya memiliki perbedaan yang mendasar dengan mata pelajaran yang lain. Dalam pembelajaran seni budaya terdapat dua aspek kompetensi yang harus dilaksananakan, antara lain kompetensi ekspresi dan apresiasi. Pada kenyataannya dalam proses pembelajaran siswa hanya aktif belajar apabila melakukan kegiatan yang disukai saja. Di SMP kebanyakan siswa memilih kegiatan ekspresi. Siswa yang memiliki ketrampilan dalam berkarya atau menyukai kegiatan ekspresi, maka hanya aktif belajar pada kegiatan ekspresi saja, namun kegiatan apresiasinya kurang aktif, berdasarkan hal tersebut peneliti tertarik untuk meneliti persepsi siswa dalam pembelajaran seni lukis kompetensi ekspresi di kelas VIII SMP. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi siswa terhadap kegiatan ekspresi. Penelitian difokuskan pada pembelajaran seni lukis yang mencakup materi pembelajaran, proses pembelajaran dan manfaat pembelajaran.Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan kuesioner jenis tertutup. Obyek penelitian menggunakan random sampel karena jumlah populasi sangat banyak dan homogen, yaitu siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Malang, dengan sampel sebanyak 104 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif.Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa persepsi siswa terhadap pembelajaran seni lukis kompetensi ekspresi termasuk dalam kualifikasi baik dengan rata-rata presentase 63,34%, yang ditandai dengan pemahaman tujuan yang sudah sesuai dengan konsep, pemahaman materi pembelajaran, serta proses belajar mengajar sudah terlaksana dengan baik yang ditandai dengan keaktifan belajar yang tinggi dengan rata-rata presentase sebesar 74,23% dan ditunjang dengan profesionalitas guru dalam mengajar. Dalam proses pembelajaran siswa berpersepsi bahwa dalam mata pelajaran seni budaya kegiatan ekspresi lebih mudah dilakukan dari pada kegiatan apresiasi.Diharapkan dengan adanya penelitian ini persepsi siswa tentang pembelajaran seni lukis kompetensi ekspresi kelas VIII SMP Negeri 18 Malang bisa lebih mendalam lagi. Saran bagi guru sebaiknya pelaksanaan kegiatan ekspresi dalam pembelajaran seni lukis dilaksanakan secara efektif dan berkualitas. Serta bagi peneliti selanjutnya, dapat dijadikan landasan untuk meneliti persepsi dalam pembelajaran lain.