Pengembangan media pembelajaran manipulatif untuk membelajarkan soal cerita pada materi operasi bilangan bulat kelas VII SMP / Fauzia Ardiana

Main Author: Ardiana, Fauzia
Other Authors: 1. Tjang Daniel Chandra
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika , 2014
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=65766
Daftar Isi:
  • Ardiana, Fauzia. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Manipulatif untuk Membelajarkan Soal Cerita pada Materi Operasi Bilangan Bulat Kelas VII SMP. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Tjang Daniel Chandra, M.Si, Ph.D.Kata Kunci: media pembelajaran manipulatif, soal cerita, operasi bilangan bulatHasil belajar siswa pada materi soal cerita materi operasi bilangan bulat masih di bawah KKM. Hal ini karena siswa mengalami kesulitan belajar. Kesulitan bukan hanya karena materi yang sulit atau abstrak, namun juga karena penyampaian materi yang kurang maksimal. Akibatnya, siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita yang berupa permasalahan sehari-hari. Untuk itu diperlukan inovasi dan variasi dalam proses pembelajaran seperti penggunaan media pembelajaran manipulatif dalam proses pembelajaran. Berkaitan dengan hal itu, maka diperlukan pengembangan media pembelajaran manipulatif mengenai materi tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan media pembelajaran manipulatif untuk membelajarkan soal cerita materi operasi bilangan bulat bagi siswa kelas VII SMP. Pengembangan media pembelajaran manipulatif ini menggunakan tahapan pengembangan Sadiman, dkk (2011: 99). Langkah-langkah tersebut yakni, analisis kebutuhan dan karakteristik siswa, perumusan tujuan instruksional, pengembangan materi pembelajaran, perumusan alat pengukur keberhasilan, penulisan naskah, serta evaluasi media pembelajaran. Dari keenam tahapan pengembangan tersebut dihasilkan media pembelajaran manipulatif untuk membelajarkan soal cerita pada materi operasi bilangan bulat kelas VII SMP. Untuk menguji kelayakan media dilakukan uji validitas dan uji efektifitas. Uji validitas dilakukan oleh satu dosen matematika Universitas Negeri Malang dan satu guru matematika SMP Negeri 4 Malang. Sedangkan uji efektifitas dilakukan dengan melakukan uji coba pada 22 siswa kelas VII G SMP Negeri 4 Malang serta memberikan angket respon siswa. Dari uji validitas dan uji keefektifan yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa media telah memenuhi kriteria valid dan efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran manipulatif yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Disarankan kepada pengembang-pengembang lainnya agar: menyesuaikan media dengan kondisi kelas, membentuk kelompok siswa dengan kemampuan heterogen, tahap pengembangan sebaiknya dilanjutkan sampai pada tahap penyebarluasan karena pada pengembangan ini terbatas pada tahap pengembangan, uji coba dilanjutkan dengan melibatkan sampel uji yang lebih banyak, media pembelajaran dibuat tegak agar media tampak seperti relief permukaan bumi sebenarnya, serta pemilihan karakter boneka yang dikagumi dan disukai siswa.