Developing interactive technology-based supplementary reading materials for the tenth graders of software Engineering Department in Vocational High Schools / Margarette Narlita Isoya
Main Author: | Isoya, Margarette Narlita |
---|---|
Other Authors: | 1. Emalia iragiliati |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Bahasa Inggris
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=65739 |
Daftar Isi:
- ABSTRAKIsoya, Margarette Narlita. 2013. Pengembangan Suplemen Bahan Ajar Interaktif Berbasis Terknologi untuk Kelas Sepuluh Rekayasa Perangkat Lunak di Sekolah Menengah Kejuruan. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Emalia Iragiliati Sukarni, M.Pd.Key words: English for Specific Purposes, preemployment VESL, Rekayasa Perangkat Lunak, Peserta didik Sekolah Menengah KejuruanSekolah Menengah Kejuruan memiliki kebutuhan mendesak dalam membekali reading skills peserta didik yang berhubungan dengan situasi nyata dalam tempat kerja. Namun, penerapan Kurikulum 2013 pada kelas sepuluh Rekayasa Perangkat Lunak menyebabkan alokasi waktu di kelas menjadi terbatas. Hal ini menjadi tantangan untuk guru dalam memberikan materi secara efisien dan efektif dalam kegiatan belajar mengajar Bahasa Inggris. Suplemen bahan ajar interaktif berbasis teknologi ini dikembangkan untuk memberikan materi tambahan terutama bahan ajar reading yang berhubungan dengan kehidupan nyata. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana cara mengembangkan suplemen bahan ajar untuk proses belajar mengajar di Rekayasa Perangkat Lunak kelas sepuluh di SMK Negeri 5 Malang.Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan yang dirancang oleh Borg dan Gall (1979) yang terdiri dari penelitian awal, pengembangan produk, yang dilanjutkan dengan fase validasi yaitu validasi oleh ahli dan try-out. Setelah direvisi di fase validasi, produk akhir dikembangkan. Produk akhir dari penelitian ini adalah suplemen bahan ajar interaktif berbasis teknologi yang menggunakan Flash dan terdiri dari 5 bagian yaitu Starter, Gathering Information, Reading Activity, Language Focus dan Words of Banks and Glossary.Validasi oleh guru menunjukkan bahwa kelayakan dari Flash untuk kelas sepuluh Rekayasa Perangkat Lunak, desain, layout, koherensi dari isi dan kemudahan penggunaan telah memuaskan. Tiga puluh sembilan murid RPL kelas sepuluh berpartisipasi dalam try-out. Penemuan yang diperoleh dari kuesioner menunjukkan lebih dari dua puluh (50%) peserta didik menyatakan bahwa petunjuk penggunaan jelas, layout, komik strip, dan videonya menarik, isinya berkoherensi dan bahan ajar mudah digunakan.Produk akhir dari penelitian ini adalah suplemen bahan ajar interaktif berbasis teknologi untuk kelas sepuluh Rekayasa Perangkat Lunak di SMK Negeri 5 Malang. Hasil penemuan dari try-out menunjukkan bahwa produk ini dapat diaplikasikan untuk peserta didik kelas sepuluh RPL. Sehubungan dengan penelitian ini, beberapa saran diberikan yaitu: guru Bahasa Inggris dianjurkan untuk menggunakan bahan ajar di kelas untuk proses belajar dan mengajar Bahasa Inggris dan peneliti yang akan meneliti English for Specific Purposes diharapkan mengembangkan Flash yang berfokus pada peserta didik dengan tingkat, program yang berbeda dan memilih topik serta skill yang berbeda.