Penggunaan media dekak-dekak untuk meningkatkan hasil belajar penjumlahan dan pengurangan bilangan tiga angka siswa kelas III SDN Sumberbening 01 Trenggalek / Jiwa Ihsanty

Main Author: Ihsanty, Jiwa
Other Authors: 1. Sri Harmini ; 2. Tomas Iriyanto
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi PGSD , 2014
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=65731
Daftar Isi:
  • ABSTRAKIhsanty, Jiwa. 2014. Penggunaan Media Dekak-DekakuntukMeningkatkanHasilBelajarPenjumlahandanPenguranganBilanganTigaAngkaSiswaKelas III SDN Sumberbening 01 Trenggalek. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Guru SekolahDasar, JurusanKependidikanSekolahDasardanPrasekolah, FakultasIlmuPendidikan, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Sri Harmini, S.Pd, M.Pd, (2) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd, M.Pd.Kata Kunci: dekak-dekak, hasilbelajar, penjumlahandanpengurangan, SDN Sumberbening 01 TrenggalekHasilobservasimenunjukkanbahwahasilbelajarsiswakelas III SDN Sumberbening 01 Trenggalekuntukmatapelajaranmatematikapadamateripenjumlahandanpenguranganbilangantigaangkamasihrendah. Proses pembelajaranmasihberpusatpada guru, sehinggasiswakurangbersemangatdanmalasbelajar, halinisangatberpengaruhpadahasilbelajarsiswa. Untukitu, penelitimenggunakaninovasipembelajaranuntukmeningkatkanhasilbelajarsiswadenganmenggunakan media dekak-dekak.Penelitianinibertujuanuntuk: (1) mendeskripsikanpenggunaan media dekak-dekakuntukmeningkatkanhasilbelajaroperasihitungpenjumlahandanpenguranganbilangantigaangkapadasiswakelas III SDN Sumberbening 01 Trenggalekdan (2) mendeskripsikanpeningkatanhasilbelajaroperasihitungpenjumlahandanpenguranganbilangantigaangkasiswakelas III SDN Sumberbening 01 Trenggalekdenganpenggunaan media dekak-dekak. Subjekpenelitianiniyaitusiswakelas III yang berjumlah 20 siswa.RancanganpenelitianinimenggunakanPenelitianTindakanKelas (PTK) denganempattahapan, yaitu: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) refleksi, (4) rencanaperbaikan. Menggunakanempatteknikdalampengumpulan data, yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, (3) dokumentasi, (4) tes.Hasilpenelitianterhadaphasilbelajarsiswamenunjukkanadanyapeningkatanpersentaseketuntasansiswadarisiklus I kesiklus II.Persentaseketuntasanklasikalpadasiklus I sebesar 70,3 % meningkatmenjadi 80% padasiklus II. Hal inimenunjukkanbahwapenggunaan media dekak-dekakdapatmeningkatkanhasilbelajarpenjumlahandanpenguranganbilangantigaangkapadasiswakelas III di SDN Sumberbening 01 Trenggalek.Rata-rata hasilbelajarsiswamengalamipeningkatandarisiklus I kesiklus II. Rata-rata hasilbelajarsiswapadasiklus I sebesar 78,3dan rata-rata hasilbelajarsiswapadasiklus II sebesar 87.Kesimpulandaripenelitianinimeningkatkanhasilbelajarpenjumlahandanpenguranganbilangantigaangka yang diperolehdaripenanamankonsep, pemahamankonsep, danpembinaanketerampilan. Saran penelitiyaitu guru hendaknyamenggunakan media dekak-dekakuntukpembelajaran yang selanjutnya, guru hendaknyamemberikanpenguatankepadasiswaselama proses pembelajaran, danperluadanyapenelitianselanjutnyatentangpenggunaan media dekak-dekakuntukmateripenjumlahandanpenguranganlainnya. Penelitianlanjutantersebutakanmemberikankontribusipadapeningkatanduniapendidikan di Indonesia