Penerapan model pembelajaran discovery learning untuyk meningkatkan motivasi dan partisipasi bertanya siswa pada mata pelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Kepanjen / Dafit Purna Irawan

Main Author: Irawan, Dafit Purna
Other Authors: 1. I Wayan Legawa ; 2. Marsudi
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Sejarah , 2014
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=65705
Daftar Isi:
  • Irawan, Dafit Purna. Penerapan Model Pembelajaran Discavery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Partisipasi Bertanya Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Kepanjen Kelas XI IPS 1. Skripsi, Jurusan Sejarah, Program Studi Pendidikan Sejarah. Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1 Drs. I Wayan Legawa, M.Si, pembimbing 2 Drs. Marsudi, M. Hum.Kata Kunci: Discavery Learning, Motivasi Belajar dan Partisipasi BertanyaKegiatan pembelajaran sejarah di SMAN 1 Kepanjen, Kabupaten Malang masih didominasi oleh metode ceramah dan penugasan, sehingga siswa mengalami kejenuhan yang berdampak pada rendahnya motivasi belajar dan partisipasi bertanya siswa. Kondisi siswa cenderung pasif saat proses pembelajaran di dalam kelas, untuk mengatasi masalah tersebut diterapkan model pembelajaran Discavery Learning pada mata pelajaran sejarah di kelas IX IPS 1 SMAN 1 Kepanjen. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2013/2014 dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dari Kemmis dan Mc Taggart. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam dua siklus, sedangkan dalam satu siklus terdapat tiga kali pertemuan. Subyek penelitiannya adalah seluruh siswa kelas XI IPS 1 di SMAN 1 Kepanjen yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan tabel persentase keberhasilan skor milik Margono motivasi belajar dan partisipasi bertanya siswa pada siklus 1 dan 2. Rumusan masalah dalam penelitan ini yaitu: (1) Bagaimana peningkatan motivasi belajar siswa di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kepanjen yang diajar melalui model pembelajaran Discavery Learning. (2) Bagaimana peningkatan partisipasi bertanya siswa di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kepanjen yang diajar melalui model pembelajaran Discavery Learning. Tujuan dari penelitian ini yaitu: (1) Menganalisis kaitan antara pembelajaran model Discavery Learning dengan motivasi siswa di SMA Negeri 1 Kepanjen kelas XI IPS 1. (2) Menganalisis kaitan antara pembelajaran model Discavery Learning dengan partisipasi bertanya siswa di SMA Negeri 1 Kepanjen kelas XI IPS 1.Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discavery Learning dapat meningkatkan motivasi belajar dan partisipasi bertanya siswa. Hasil persentase rata-rata penelitian motivasi belajar pada siklus 1 sebesar 65% meningkat menjadi 77,55 pada siklus 2, artinya pada setiap siklus terjadi peningkatan yang cukup signifikan dan dari hasil persentase yang diperoleh masuk pada kategori baik. Sedangkan untuk partisipasi bertanya pada siklus 1 sebesar 60,275 meningkat menjadi 90,68 pada siklus 2, artinya pada setiap siklus terjadi peningkatan yang sangat baik atau signifikan. Peningkatan motivasi belajar sebesar 12,5% dan partisipasi bertanya sebesar 30,41%.Saran bagi para guru sejarah untuk berusaha menerapkan metode dan model yang bervariasi supaya siswanya tidak bosan dan merasa senang. Salah satu model yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran Discavery Learning yang mampu meningkatnya motivasi dan partisipasi bertanya siswa. Hal ini sudah terbukti dari penelitian yang sudah dilakukan dalam penulisan skripsi ini. Kepada peneliti selanjutnya harus mampu meningkatkan proses pembelajaran dengan menggunakan model Discavery Learning agar hasil pembelajaran sejarah lebih baik lagi.