Pengaruh bauran promosi terhadap proses keputusan pembelian telepon seluler nokia (Studi pada konsumen di fakultas ekonomi program studi S-1 manajemen angkatan tahun 2011) / Endarto Dedy Atmanu

Main Author: Atmanu, Endarto Dedy
Other Authors: 1. Suwarni ; 2. Imam Bukhori
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Manajemen , 2014
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=65445
Daftar Isi:
  • Atmanu, Endarto Dedy. 2012. Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Pengambilan Keputusan Pembelian Telepon Seluler Nokia (Studi pada Konsumen di Fakultas Ekonomi Program Studi S-1 Manajemen Angkatan Tahun 2011). Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) DR. suwarni, M.Si (II) Imam Bukhori, S.Pd, M.MKata kunci : Pengaruh, bauran promosi, keputusan pembelian Latar belakang Persaingan di bidang pemasaran yang sangat ketat membuat pemasar menerapkan strategi pemasaran dalam menjalankan usahanya, salah satu strategi pemasaran yang digunakan adalah bauran pemasaran (marketing mix). bauran pemasaran diklasifikasikan menjadi 4 kelompok yang luas dalam pemasaran: produk (Product), harga (price), tempat (place), dan promosi (promotion). Promosi memberitahukan konsumen tentang karakteristik dan konsekuensi suatu produk, harga dan tempat dimana produk tersebut dapat diperoleh. Sebagai salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang komunikasi, Nokia merupakan salah satu merek produsen ponsel dengan pangsa pasar terbesar di dunia. Di tanah air, Nokia juga merupakan pemain terbesar mengungguli para pemain lainnya Tujuan untuk mengetahui bagaimanakah kondisi, pengaruh bauran promosi (periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat) secara parsial, dan secara simultan terhadap proses keputusan pembelian telepon seluler Nokia Metode yang digunakan teknik analisis regresi berganda (Multiple Regretion), dimana teknik tersebut akan menguji hipotesis yang menyatakan ada pengaruh secara sendiri-sendiri maupun bersama-sama antara variabel bebas (x) terhadap variabel terikat (y).Hasil dengan taraf kepercayan 95%; dengan α = 0,05 diperoleh angka signifikan periklanan 0,240 koefisien regresi 0,207 (b1 ≠ 0), signifikansi promosi penjualan 0,228 koefisien regresi 0,289 (b2 ≠ 0) dan signifikansi hubungan masyarakat 0,140 koefisien regresi 0,306 (b3 ≠ 0)Hal ini membuktikan bahwa kurang ada pengaruh yang signifikan dari variabel produk terhadap keputusan pembelian konsumen Kesimpulan : Kondisi bauran promosi dan keputusan pembelian pengguna telepon seluler Nokia yang dilakukan oleh pihak Nokia yang berupa periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat adalah menarik, bermanfaat, dan mampu memberikan informasi mengenai produk Nokia secara jelas kepada konsumen. Pengaruh bauran promosi secara parsial terhadap proses keputusan pembelian telepon seluler Nokia, yaitu terdapat pengaruh positif dari variabel periklanan, variabel promosi penjualan, dan variabel hubungan masyarakat, secara simultan terhadap proses keputusan pembelian telepon seluler Nokia yaitu pengaruh signifikan dari variabel periklanan, promosi penjualan, hubungan masyarakat secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen produk Nokia. Promosi penjualan adalah yang paling dominan dalam memperngaruhi keputusan pembelian Konsumen Di Fakultas Ekonomi Program Studi S-1 Manajemen Angkatan Tahun 2011