Pengembangan bahan ajar praktikum mikrokontroler dengan menggunakan bahasa pemrograman C berbasis perangkat lunak simulator / Saiful Huda
Main Author: | Huda, Saiful |
---|---|
Other Authors: | 1. Tri Atmadji ; 2. Dyah Lestari |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=65424 |
Daftar Isi:
- Huda. Saiful. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Mikrokontroler Dengan Menggunakan Bahasa pemograman C Berbasis perangkat lunak simulator. Skripsi. Jurusan TeknikElektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Tri Atmadji S., M.Pd. (II) Dyah Lestari, S.T., M.Eng.Kata Kunci: pengembangan, bahan ajar , praktikum mikrokontroler, bahasa pemograman C, Simulator. Mikrokontroler merupakan salah satu pokok bahasan wajib bagi peserta didik dengan program keahlian Mekatronika khususnya di SMKN 8 Malang. Peserta didik dituntut untuk mempelajari dan memahami mikrokontroler. Namun kenyataan yang ada berdasarkan observasi selama PPL, banyak siswa yang merasa mikrokontroler merupakan pokok bahasan yang cukup rumit.Salah satu penyebab cukup rumitnya materi mikrokontroler tersebut adalah bahan ajar yang digunakan di SMKN 8 masih belum lengkap dan berdampak pada penguasaan materi mikrokontroler. Terutama bahasan tentang aplikasi Bahasa pemograman C untuk pemograman mikrokontroler.Bahan ajar berupa hand out , jobsheet dan trainer sangat di perlukan bagi peserta didik. Setiap peserta didik diharuskan memiliki bahan ajar agar dapat digunakan belajar secara mandiri di rumah. Menjadi salah satu penunjang bagi siswa untuk mendapatkan informasi secara lengkap sebagai sumber belajar, dengan tujuan agar peserta didik dapat berhasil dalam penguasaan materi mikrokontroler dan juga agar semua praktikum mikrokontroler dapat terlaksana.Dengan melihat kenyataan tersebut,perlu dirancang bahan ajar beserta trainer praktikum mikrokontroler. Agar pembelajaran dikelas berlangsung secara aktif dan efektif. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan yaitu (1) Menghasilkan bahan ajar praktikum mikrokontroler ATmega 8535 yang berupa : (a) buku ajar (hand out); (b) lembar kerja (jobsheet); (c) trainer; (2) Menguji kelayakan bahan ajar yang berupa hand out, jobsheet dan trainer. Model pengembangan trainer ini mengadaptasi model pengembangan Sugiyono,( 2008: 298). Model pegembangan ini terdiri dari 10 tahap yaitu : (1) analisis kebutuhan; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; (5) revisi desain; (6) uji coba produk; (7) revisi produk; (8) uji coba pemakaian; (9) revisi produk; (10) produksi produk.Kesimpulan dari pengembangan ini adalah bahan ajar ini telah memenuhi kriteria valid dan layak setelah diadakan validasi dan uji coba oleh para ahli. Berdasarkan pada hasil uji coba, diperoleh presentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut: (1) Pada ahli media, dieproleh presentaase untuk hand out sebesar 93,75%, trainer sebesar 94,16% dan jobsheet sebesar 83.75%; (2) Pada ahli materi, diperoleh presentase sebesar 88,75% untuk hand out dan 97,50% untuk jobsheet ; (3) Pada kelompok kecil, diperoleh presentase sebesar 88,62%; (3) Pada kelompok besar, diperoleh presentase sebesar 90,00%.