Hubungan antara persepsi peserta diklat perkoperasian tentang kompetensi widyaiswara dengan prestasi belajarnya di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur / Niken Ramadhani
Main Author: | Ramadhani, Niken |
---|---|
Other Authors: | 1. Endang Sri Redjeki ; 2. Imam Hambali |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=65308 |
Daftar Isi:
- Niken Ramadhani. 2014. Hubungan antara Persepsi Peserta Diklat Perkoperasian tentang Kompetensi Widyaiswara dengan Prestasi Belajarnya di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan. Pembimbing (I) Dr. Endang Sri Redjeki, M.S, (II) Drs. Imam Hambali, M.Pd. Kata Kunci: prestasi diklat, persepsi peserta tentang kompetensi widyaiswara.    Pengertian dari persepsi merupakan proses yang dilakukan individu dalam mengartikan suatu kejadian atau kondisi yang ada disekitarnya (lingkungan) dengan menggunakan panca indera yang selanjutnya akan mempengaruhi perilakunya. Hal ini jika dihubungkan dengan penelitian ini jika peserta diklat memiliki persepsi yang baik mengenai kompetensi widyaiswara maka akan terjadi perubahan perilaku peserta diklat yang berimbas pada prestasi belajar diklat. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan persepsi peserta tentang kompetensi widyaiswara dan prestasi peserta diklat, serta untuk mengetahui hubungan antara persepsi peserta tentang kompetensi widyaiswara dengan prestasi diklat peserta diklat perkoperasian di UPT Diklat Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur.    Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan analisis korelasional. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu variabel prestasi peserta diklat dan variabel persepsi peserta tentang kompetensi widyaiswara. Variabel prestasi peserta diklat didapat dari UPT diklat Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur berupa perolehan skor kemajuan. Variabel mengenai persepsi peserta diklat tentang kompetensi widyaiswara didapat melalui kuesioner yang disebarkan kepada peserta diklat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan kuesioner.     Temuan hasil penelitian ini adalah widyaiswara pada pelaksanaan diklat perkoperasian dianggap sangat mampu oleh sebagian besar peserta diklat Perkoperasian. Sebagian besar peserta diklat Perkoperasian telah mengalami kemajuan dan dalam ketegori cukup baik setelah mengikuti Diklat Perkoperasian. Terdapat hubungan positif antara persepsi peserta tentang kompetensi widyaiswara dengan prestasi peserta diklat perkoperasian di UPT Diklat Koperaasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur.      Saran hasil penelitian ini adalah semua peserta diklat harusnya mengalami peningkatan hasil belajar diklat dan dinyatakan sangat baik. Peningkatan hasil belajar yang merata pada peserta diklat mencerminkan bahwa diklat yang dilaksanakan berhasil dikarenakan mampu meningkatkan semua prestasi pada peserta diklat. Widyaiswara seharusnya meningkatkan kinerjanya supaya dapat mempertahankan persepsi yang sangat mampu dari peserta diklat yang akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar diklat mereka.