Pengembangan modul pembelajaran pengendalian kecepatan motor DC dengan menggunakan kontrol Proportional Integral Derivatif (PID) untuk mendukung matakuliah praktikum sistem kendali / Rista Aprilowena

Main Author: Aprilowena, Rista
Other Authors: 1. Hari Putranto ; 2. Aripriharta
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Teknik Elektro , 2014
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=64714
Daftar Isi:
  • Aprilowena, Rista. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran Pengendalian Kecepatan Motor DC Dengan Menggunakan Kontrol Proportional Integral Derivatif (PID) Untuk Mendukung Matakuliah Sistem Kendali. Skripsi, Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Hari Putranto; (2) Aripriharta, S.T., M.T.Kata Kunci : Trainer, PID, Sistem Kendali    Praktikum Sistem Kendali merupakan salah satu pokok bahasan wajib bagi mahasiswa jurusan Teknik Elektro di Universitas Negeri Malang. Mahasiswa dituntut untuk mempelajari, menguasai dan memahami konsep dasar sistem kendali. Namun kenyataannya, masih ada mahasiswa yang merasa bahwa sistem kendali merupakan pokok bahasan yang sulit. Hal tersebut dikarenakan kemampuan mahasiswa berbeda-beda dalam memahami konsep dasar sistem kendali. Dari hasil interview dan hasil angket persepsi mahasiswa yang sudah menempuh matakuliah Praktikum Sistem Kendali didapatkan, bahwa ada beberapa kesulitan karena belum tersedia trainer dan modul pada sub bahasan tentang kendali Proportional Integral Derivatif (PID).         Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu dirancang bahan ajar berupa modul pembelajaran sistem kendali agar pembelajaran mengenai perancangan dasar kendali PID di kelas berlangsung secara aktif, efektif, dan bermanfaat. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk: (1) menghasilkan trainer pengendalian motor DC dengan menggunakan kontrol PID untuk mahasiswa jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Malang; (2) menghasilkan modul praktikum trainer penggunaan kontrol PID bagi mahasiswa dan asisten dosen. Metode pengembangan yang digunakan adalah model Sugiyono, dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk, (8) uji coba pemakaian, (9) revisi produk dan (10) produksi masal.    Dari hasil uji coba yang dilakukan pada trainer didapatkan settling time = 3, overshoot = 5,6%, dan rise time = 2 pada input setpoint = 1600, KP=2, KI=0,5 dan KD=0,2. Sedangkan error steady state adalah 2%. Berdasarkan pada hasil analisis data percobaan, diperoleh persentase dari tiap-tiap subyek coba sebagai berikut: (1) pada ahli media, diperoleh presentase 85,71% untuk modul cetak, dan persentase trainer sebesar 81,81%, (2) pada ahli materi diperoleh persentase 80,95%, (3) pada mahasiswa, diperoleh presentase sebesar 85,58%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan trainer pengendalian kecepatan motor DC dengan kontrol PID untuk matakuliah Praktikum Sistem Kendali ini layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.