Penerapan model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Kota Malang / Miftahul Jannah
Main Author: | Jannah, Miftahul |
---|---|
Other Authors: | 1. Harti Kartini ; 2. Sri Sugiharti |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi PGSD
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=63345 |
Daftar Isi:
- Jannah, Miftahul. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI) untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Kota Malang. Skripsi, Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Dra. Harti Kartini, M.Pd (2) Dra. Sri Sugiharti, M.Pd .Kata kunci: Model pembelajaran Team Accelerated Instruction (TAI), aktivitas belajar, hasil belajar, IPS Tujuan pembelajaran IPS adalah membentuk siswa menjadi warga negara yang faham masalah sosial di masyarakat dan menjadi warga negara yang baik di lingkungan masyarakatnya. Akan tetapi aktivitas dan hasil belajar yang terjadi di sekolah belum sesuai dengan tujuan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Kota Malang pada kegiatan pembelajaran IPS dapat diketahui beberapa permasalahan, di antaranya siswa cenderung pasif, hanya ada 6 siswa yang terlihat aktif yang ke Enam siswa tersebut duduk di urutan bangku paling depan dan termasuk siswa dengan kemampuan tinggi. Sedangkan siswa yang lain kurang antusias dikarenakan siswa kesulitan dalam pemahamam konsep IPS, hal itu berakibat pada aktivitas dan hasil belajar siswa rendah yaitu rata-rata 60,81 kurang dari KKM 75. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penerapan model pembelajaran TAI dalam pembelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas II. Pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan rancangan PTK. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu a) perencanaan; b) pelaksanaan tindakan; c) observasi; dan d) refleksi. Data dikumpulkan dengan metode observasi dan dilengkapi dengan tes dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MI Hidayatul Mubtadiin Kota Malang sebanyak 39 siswa terdiri dari 18 laki dan 21 perempuan. Hasil penelitian menunjukkan terjadinya peningkatan aktivitas belajar siswa. Pembetukan pembelajaran dengan tutor sebaya menjadikan siswa berani bertanya dan menjawab pertanyaan guru dan teman. Siswa lebih peduli untuk membantu siswa yang belum faham materi, sehingga siswa bersemangat dalam pembelajran. Sedangkan hasil belajar siswa juga terdapat peningkatan dari nilai rata-rata 60,81 pada pra tindakan menjadi 64,61 pada siklus 1, dan meningkat menjadi 75,38 pada siklus II. Berdasarkan temuan ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran TAI dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas II. Disarankan kepada guru agar dalam kegiatan pembelajaran pembagian kelompok hendaknya dibentuk sebelum pembelajaran, siswa lebih ditekankan bahwa keberhasilan individu ditentukan oleh keberhasilan kelompoknya, pengaturan alokasi waktu sesuai yang diprogramkan, aktivitas dan hasil belajar siswa lebih ditingkatkan dari penelitian ini.