Pengembangan bahan ajar konsep mol, hukum-hukum dasar kimia dan aplikasinya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) untuk siswa SMA kelas X semester I / Petronela Fatubun
Main Author: | Fatubun, Petronela |
---|---|
Other Authors: | 1. Mohammad Sodiq Ibnu ; 2. Suharti |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Kimia
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=62614 |
Daftar Isi:
- Fatubun, Petronela. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Konsep Mol,Hukum-Hukum Dasar Kimia Dan Aplikasinya Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Untuk Siswa Sma Kelas X Semester I. Skripsi, Jurusan Kimia FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. Mohammad Sodiq Ibnu, M.Si, (2) Dr. Suharti, M.Si.Kata Kunci: Bahan ajar, model pembelajaran kooperatif, STAD, konsep mol, hukum-hukum dasar kimia dan aplikasinyaPendidikan merupakan hal yang paling mendasar dalam upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Maka, pemerintah indonesia memberi dukungan penuh terhadap perkembangan melalui upaya perluasan dan pemerataan memperoleh pendidikan yang bermutu tinggi bagi seluruh rakyat indonesia. Salah satu cara yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran kimia di sekolah menegah atas (SMA) adalah dengan melakukan perbaikan terhadap bahan ajar kimia yang digunakan. Oleh karena itu, penulis mengembangkan bahan ajar konsep mol, hukum-hukum dasar kimia dan aplikasinya untuk guru dan mahasiswa calon guru. Tujuan dari pengembangan bahan ajar ini adalah menghasilkan bahan ajar konsep mol, hukum-hukum dasar kimia dan aplikasinya yang berbasis kooperatif tipe STAD untuk siswa SMA kelas X.Pengembangan bahan ajar ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang memiliki 4 tahap, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (disseminate). Namun, karena keterbatasan waktu maka pengembangan bahan ajar ini hanya sampai pada tahap ketiga. Produk hasil pengembangan diuji coba melalui proses validasi isi yang dilakukan oleh 2 orang dosen pendidikan kimia. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah meggunakan angket dengan skala Likert dengan lembar komentar dan saran. Dari angket hasil validasi bahan ajar dan rencana pelaksanaan pembelajaran diperoleh data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa skor penilaian angket, sedangkan data kualitatif berupa komentar dan saran dari validator yang digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap bahan ajar dan RPP yang dikembangkan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik perhitungan rata-rata.Hasil pengembangan berupa bahan ajar dan RPP pada materi konsep mol, hukum-hukum dasar kimia dan aplikasinya untuk SMA kelas X semester I dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student teams achievement divisions). Dari hasil validasi isi bahan ajar oleh dua orang dosen kimia UM dinyatakan sangat layak dengan nilai rata-rata 3,25. Dari hasil validasi isi rencana pelaksanaan pembelajaran oleh dua orang dosen kimia UM dinyatakan sangat layak dengan nilai rata-rata 3,48. Berdasarkan hasil analisis validasi isi dari dua orang dosen kimia UM terhadap bahan ajar dan rencana pelaksanaan pembelajaran, maka bahan ajar yang telah dkembangkan dinyatakan sudah layak dan baik untuk digunakan di SMA kelas X semester I.