Penerapan peer mediated intervention untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak berkesulitan belajar di sekolah dasar inklusif / Marlina

Main Author: Marlina
Other Authors: 1. Marthen Pali ; 2. Dany M. Dandarini ; 3. Imanuel Hitipeuw
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Psikologi Pendidiakn , 2013
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=62489
Daftar Isi:
  • Penerapan Peer Mediated Intervention untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial pada Anak Berkesulitan Belajar di Sekolah Dasar InklusifMarlinaPsikologi Pendidikan Universitas Negeri MalangEmail: lina_muluk@yahoo.co.idAbstrak: Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas peer mediated intervention (PMI) untuk meningkatkan keterampilan sosial pada anak berkesulitan belajar di SDN 03 Alai Padang. Penelitian ini menggunakan single subject design dengan model multiple baseline across subject. Lima (5) anak berkesulitan belajar ringan sebagai anak target dan lima (5) peer mediator dipilih dan dilatih untuk menerapkan PMI dalam pelajaran bahasa Indonesia (membaca ulang). Data dikumpulkan dengan format pencatatan frekuensi keterampilan sosial, skala keterampilan sosial, dan self report. Hasil penelitian menunjukkan PMI efektif meningkatkan keterampilan sosial yaitu pada anak target TS rerata baseline 4,73 meningkat menjadi 9,33; anak target KY rerata baseline 4,07 meningkat menjadi 9,05; anak target HL rerata baseline 3,88 meningkat menjadi 8,12; anak target RA rerata baseline 3,36 meningkat menjadi 7,81; dan anak target KA rerata baseline 3,14 meningkat menjadi 7,5. Sebagai instructional effects, PMI juga efektif mengurangi frekuensi kesalahan membaca anak target pada fase baseline sebesar 7,49 menurun menjadi 4,11 selama intervensi. Disarankan guru menerapkan PMI dalam mata pelajaran lain dan berkoordinasi dengan guru pembimbing khusus. Temuan penelitian memberikan sumbangan teoritik tentang strategi pembelajaran keterampilan sosial yang melibatkan teman sebaya pada anak berkesulitan belajar di sekolah dasar inklusif.Kata Kunci: peer mediated intervention, keterampilan sosial, anak berkesulitan belajar.