Karakteristik dan apresiasi masyarakat nelayan terhadap pentingnya pendidikan anak di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan / Nurfatma Fitri Prasetya Giri
Main Author: | Giri, Nurfatma Fitri Prasetya |
---|---|
Other Authors: | 1. Hari Wahyono ; 2. Achmad Ali Wafa |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ekonomi
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=62385 |
Daftar Isi:
- Giri, Nurfatma Fitri Prasetya. 2013 Karakteristik Dan Apresiasi Masyarakat Nelayan Terhadap Pentingnya Pendidikan Anak Di Desa Sidomulyo Kecamatan Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Skripsi, jurusan Ekonomi dan Koperasi Pembangunan, Program Study Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Hari Wahyono, M.Pd (I) dan Drs. H.Achmad Ali Wafa, M.Pd (II).Kata kunci : Karakteristik, Apresiasi Masyarakat Nelayan, Pendidikan anakKeberadaan nelayan Indonesia pada masa sekarang, masih tergolong nelayan tradisional yang memiliki produktivitas rendah. Faktor penyebabnya adalah rendahnya kualitas sumber daya manusia yang mengelola sektor perikanan dan kelautan yang dapat menyebabkan rendahnya pendapatan dan pendapatan yang rendah dapat berakibat semakin meningkatnya kemiskinan nelayan. Memotivasi anak agar giat melakukan suatu kegiatan positif dan bermanfaat pada dasarnya perlu dilakukan. Selain menambah semangat anak, orang tua juga bangga karena bisa mendidik anaknya melakukan kegiatan positif tanpa perlu pemaksaan.Penelitian ini adalah karakteristik dan apresiasi masyarakat nelayan terhadap pentingnya prestasi belajar anak yang dirinci dalam rumusan masalah penelitian yaitu tentang 1) Karakteristik sosial ekonomi orang tua sebagai nelayan 2) Apresiasi orang tua terhadap pendidikan anak di sekolah 3) Pendidikan siswa di sekolah 4) Pengaruh karakteristik sosial dan apresiasi orang tua siswa terhadap pendidikan siswa.Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) Karakteristik sosial ekonomi orang tua, bahwa hanya berpendidikan SD, dan bahkan ada responden yang sama sekali tidak pernah mengenal bangku sekolah, menikah dalam usia yang relatif muda, tergolong keluarga miskin, kurang mampu memenuhi kebutuhan kesehatan dan biaya sosial lingkungan. (2)Apresiasi masyarakat nelayan terhadap pendidikan anaknya, yaitu pendidikan dimaknai sebagai suatu program untuk merencanakan masa depan yang lebih baik dan juga dimaknai sebagai program untuk bisa membaca dan menulis. (3)Masih terdapat persoalan pendidikan yang dihadapi oleh masyarakat pesisir, yaitu masih tingginya angka putus sekolah, masih banyak anak nelayan yang putus sekolah. (4)Terdapat pengaruh antara karakteristik sosial dan apresiasi orang tua siswa terhadap pendidikan anak.