Hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar peserta didik kesetaraan kejar paket C di PKBM Tunas Harapan Desa Karangduren Kec. Pakisaji Kab. Malang / Suci Wulansari

Main Author: Wulansari, Suci
Other Authors: 1. Prawoto ; 2. Nurhadi
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah , 2013
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=61935
Daftar Isi:
  • Wulansari, Suci. 2013. Hubungan antara Minat dengan Hasil Belajar Peserta Didik Paket C di PKBM Tunas Harapan Desa Karangduren Kelurahan Pakisaji Kabupaten Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Drs. H. Prawoto, M.PdKata kunci: minar belajar, hasil belajar, peserta didikProgram kesetaraan Paket C adalah program pendidikan pada jalur nonformal yang ditujukan bagi warga masyarakat yang karena keterbatasan sosial, ekonomi, waktu, kesempatan, dan geografi tidak dapat mengikuti pendidikan di sekolah menengah atas dan/atau yang sederajat. Untuk mewujudkan peserta didik yang berkualitas, salah satunya dilakukan dengan terlebih dahulu mengetahui minat belajar yang merupakan bagian paling pokok dalam usaha meningkatkan hasil belajar peserta didik Paket C.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Kesetaraan Kejar Paket C. Rancangan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah korelasional. Popilasi dan sampel pnelitian ini sebanyak 30.Hasil Penelitian ini adalah (1) terdapat hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar peserta didik (2) terdapat hubungan signifikan antara Minat belajar peserta didik dengan hasil belajar mata pelajaran matematika (3) minat belajar peserta didik dengan hasil belajar mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKN), (4) minat belajar peserta didik dengan hasil belajar mata pelajaran bahasa dan sastra Indonesia (5) minat belajar peserta didik dengan hasil belajar mata pelajaran bahasa inggris (6) minat belajar peserta didik dengan hasil belajar mata pelajaran geografi (7) minat belajar peserta didik dengan hasil belajar mata pelajaran ekonomiSaran yang peneliti ajukan sebagai berikut. (1) Hasil temuan penelitian ini menyatakan bahwa semakin tinggi minat belajar, maka semakin tinggi pula hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut penyelenggara Pendidikan Kesetaraan memiliki peran dalam menimbulkan minat dari peserta didik paket C. Maka disarankan penyelenggara harus mengkondisikan lingkungan pembelajaran kondusif. Pengelolaan yang baik faktor eksternal atau lingkungan dalam pembelajaran paket c yang baik akan menimbulkan tingginya factor internal atau minat dari peserta didik Paket C. (2) Hasil temuan penelitian ini menyatakan bahwa semakin tinggi minat belajar, maka semakin tinggi pula hasil belajar mata pelajaran matematika, pendidikan kewarganegaraan (PKN), bahasa dan sastra Indonesia, bahasa Inggris, geografi, ekonomi, dan Sosiologi . Sedangkan semua mata pelajaran tersebut pada pendidikan kesetaraan bagi kalangan pelajar dewasa cenderung menjadi ilmu yang semakin sulit dipahami. Maka disarankan bagi pendidik harus mengetahui prinsip andragogi dalam mendampingi proses pembelajaran paket C. Pendidik harus kreatif membuat metode dan media pembelajaran yang lebih menarik dan disukai oleh peserta didik. Suasana kelas perlu direncanakan dan dibangun sedemikian rupa dengan menggunakan model pembelajaran yang tepat agar siswa dapat memperoleh kesempatan untuk berinteraksi satu sama lain sehinnga pada gilirannya dapat diperoleh minat belajar yang optimal. (3) Bagi peneliti lanjut, berdasarkan hasil temuan penelitian bahwa minat belajar mempengaruhi hasil belajar. Maka disarankan penelitian tentang faktor-faktor yang mempengaruhi peningkatan minat belajar peserta didik Paket C. Serta disarankan menggunakan metode penelitian kualitatif