Penerapan pembelajaran kooperatif model Teams Game Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada standar kompetensi memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran (studi pada siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang) / Yuanita Rahmaningtyas
Main Author: | Rahmaningtyas, Yuanita |
---|---|
Other Authors: | 1. Aniek Indrawati ; 2. Moh. Arief |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=61879 |
Daftar Isi:
- Rahmaningtyas, Yuanita. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Game Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Standar Kompetensi Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran, (Studi Pada Siswa Kelas X APK SMK PGRI 6 Malang). Skripsi, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Aniek Indrawati, S.Si,M.M. (II) Drs. Moh. Arief, M.SiKata Kunci: Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT), Hasil Belajar.Tujuan penelitian ini adalah, Untuk mendiskripsikan penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT), untuk mengetahui model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar, untuk mengetahui apa saja hambatan sekaligus solusi dalam pelaksanaan pembelajaran Teams Game Tournament (TGT), untuk mengetahui respon siswa kelas X Jurusan APK SMK PGRI 6 Malang terhadap proses pembelajaran Teams Game Tournament (TGT).Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X APK SMK PGRI 6 Malang tahun ajaran 2012/2013 dengan jumlah 39 orang siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan pada : siklus I hasil belajar rata-rata siswa adalah 61,5 dan mengalami peningkatan sebesar 18 menjadi 79,5 pada siklus II. Disamping itu ada juga hambatan dari penerapan model pembelajaran TGT ini dikarenakan model pembelajaran TGT merupakan hal baru bagi siswa, siswa kurang berani untuk menyampaikan pendapat, dan siswa tidak memiliki modul pembelajaran. Selain itu penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) banyak mendapatkan respon sangat positif yang dapat dilihat dari hasil angket respon siswa.Saran yang direkomendasikan terkait dengan hasil penelitian ini adalah Sebelum pelajaran dimulai sebaiknya guru menjelaskan secara rinci mengenai model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) yang akan diterapkan pada siswa, hendaknya guru mempersiapkan modul atau ringkasan materi (handout) yang akan diajarkan, dalam hal pembagian kelompok sebaiknya guru membagi siswa dalam kelompok yang dibentuk secara heterogen, guru memberikan motivasi dan pengarahan ketika diskusi berlangsung, dalam penelitian selanjutnya diharapkan penerapan pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) bukan hanya pada mata pelajaran Memahami Prinsip-Prinsip Penyelenggaraan Administrasi Perkantoran saja, tetapi juga pada mata pelajaran lain yang relevan.