Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan aktivitas hasil belajar siswa kelas IV SDN Sidomulyo Kecamatan Purwoasri Kabupaten Kediri / Lina Rianingrum
Main Author: | Rianingrum, Lina |
---|---|
Other Authors: | 1. M. Imron Rosyadi ; 2. Hj. Sri Sugiharti |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi PGSD
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=61871 |
Daftar Isi:
- Rianingrum, Lina. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Mata Pelajaran IPS untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Sidomulyo Kec. Purwoasri, Kab. Kediri. Skripsi, Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah, Program Studi S-I Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Drs. M. Imron Rosyadi. H. Sy, S. Pd, M. Pd , Dra. Sri Sugiharti, M. Pd. Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, IPS, Aktifitas Belajar, Hasil Belajar.Kondisi dalam dunia nyata pendidikan cenderung mengabaikan pelaku pendidikan. Mereka menganggap sumber daya manusia dan sarana prasana menjadi aspek terpenting dalam pembelajaran. Padahal dalam pembelajaran harus berpusat pada kebutuhan perkembangan sebagai individu yang unik. Hal tersebut bisa dicapai apabila dalam proses belajar mengajar tidak terpaku dalam satu model pembelajaran dalam menyampaikan materi dengan tujuan agar materi cepat diserap terutama dalam pembelajaran IPS. Untuk mengatasi hal ini, maka dibutuhkan solusi agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Solusi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD untuk meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji peningkatan aktivitas guru, peningkatan aktivitas siswa, hasil belajar siswa, serta kendala pada pembelajaran kooperatif tipe STAD.Metode penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sidomulyo Kec. Purwoasri Kab. Kediri yang berjumlah 25 orang, laki-laki berjumlah 13 siswa dan perempuan berjumlah 11 siswa. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dan tes formatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran, lembar kerja siswa (LKS), dan tes formatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan rumus persentase kejadian yang muncul.Dari penelitian yang dilakukan dapat dilihat bahwa aktivitas guru dalam pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mengalami peningkatan. Pada pra tindakan aktivitas guru mencapai 64,70% dengan kriteria cuku, pada siklus I pencapaian indikator aktivitas guru mencapai 74,47% dengan kriteria cukup, dan pada siklus II pencapaian keberhasilan 88,23%. Sedangkan pada Aktivitas siswa mengalami peningkatan, pada pra tindakan pencapaian keberhasilan mencapai 54% dengan kategori kurang akrif, pada siklus I pencapaian keberhasilan 72% dengan kategori cukup dan pada siklus II pencapaian keberhasilan mencapai 88%. dan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, pada pra tindakan hasil belajar siswa hanya 68%, pada siklus I pencapaian keberhasilan mencapai 80% dan pada siklus II mencapai 96%.    Dari data pencapaian penelitian tersebut dapat dikataaakan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat dikatakan berhasil karena dari penelitian pra tindakan sampai dengan pelaksanaan siklus II hasil yang dicapai pada aktivitas guru, aktivitas siswa serta hasil belajar siswa mengalami peningkatan.