Pengembangan lembar kegiatan siswa materi persamaan garis singgung lingkaran untuk SMA kelas XI IPA dengan pendekatan penemuan terbimbing / Agustina Ardhini

Main Author: Ardhini, Agustina
Other Authors: 1. Sudirman ; 2. I Made Sulandra
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika , 2013
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=61853
Daftar Isi:
  • Ardhini, Agustina. 2012. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Materi Persamaan Garis Singgung Lingkaran untuk SMA Kelas XI IPA dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing. Skripsi. Jurusan Matematika. FMIPA. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudirman, M.Si, (II) Dr.rer.nat. I Made Sulandra, M.Si.Kata kunci: lembar kegiatan siswa, persamaan garis singgung lingkaran, penemuan terbimbing        Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) materi persamaan garis singgung lingkaran dengan pendekatan penemuan terbimbing yang valid dan efektif. Kriteria kevalidan LKS mencakup aspek materi, aspek penyajian, aspek penemuan terbimbing, dan aspek bahasa. Sedangkan kriteria keefektifan LKS meliputi aspek kemampuan siswa dalam menemukan konsep, aspek penguasaan siswa terhadap materi, aspek respon siswa, dan aspek respon guru.      Model pengembangan yang digunakan yaitu Model Plomp 4 fase, meliputi (1) investigasi awal, (2) desain, (3) realisasi / konstruksi, (4) tes, evaluasi, dan revisi, tanpa melalui fase implementasi. Penilaian LKS dilakukan melalui dua tahap yaitu validasi dan uji coba LKS. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi, lembar observasi, angket respon siswa, angket respon guru, dan tes.      Dari tahap validasi diperoleh bahwa rata-rata persentase skor untuk aspek materi , aspek penyajian, aspek penemuan terbimbing, dan aspek bahasa berturut-turut yaitu 93,4 %, 88,7 %, 81,4 %, 94,6 %. Berdasarkan kriteria validitas yang ditetapkan LKS yang dikembangkan dinyatakan valid. Dari tahap uji coba LKS diperoleh hasil bahwa 1) rata-rata persentase skor hasil observasi yaitu 78,3 % , 2) rata-rata persentase skor angket respon siswa yaitu 82,8 %, 3) persentase skor angket respon guru yaitu 83,3 %, 4) rata-rata nilai tes subyek uji coba yaitu 84,6 % . Berdasarkan kriteria efektifitas yang ditetapkan LKS yang dikembangkan dinyatakan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran.     Agar LKS ini dapat digunakan secara lebih luas, direkomendasikan untuk menilai validitas dan efektifitas LKS ini di sekolah lain dengan lokasi, tradisi, dan budaya yang berbeda.