Penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dipadu dengan inkuiri terbimbing melalui lesson study untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X.10 SMA Negeri 1 Batu / Ganang Fajar Ersanto
Main Author: | Ersanto, Ganang Fajar |
---|---|
Other Authors: | 1. Hj. Sri Endah Indriwati ; 2. Susriyati Mahanal |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Biologi
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=61828 |
Daftar Isi:
- Ersanto, Ganang Fajar. 2013. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teams Games Tournament Dipadu dengan Inkuiri Terbimbing Melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas X.10 SMA Negeri 1 Batu. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Sri Endah Indriwati, M.Pd., (2) Dr. Susriyati Mahanal, M.Pd.Kata Kunci: Teams Games Tournament, Inkuiri Terbimbing, Lesson Study, Motivasi, Hasil Belajar.    Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas X.10 SMA Negeri 1 Batu, diketahui bahwa guru selalu menggunakan metode pembelajaran yang sama pada tiap pertemuan, yaitu metode diskusi-presentasi. Berdasarkan hasil observasi juga diketahui bahwa siswa merasa bosan, kurang senang, dan kurang termotivasi dengan metode pembelajaran diskusi-presentasi. Dari kurangnya motivasi siswa tersebut berimbas pada rendahnya hasil belajar siswa. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara menerapkan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dipadu dengan inkuiri terbimbing melalui Lesson Study. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dipadu dengan inkuiri terbimbing melalui Lesson Study dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dipadu dengan inkuiri terbimbing melalui Lesson Study dalam meningkatkan hasil belajar siswa.    Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan melalui Lesson Study. Tahap penelitian tindakan kelas adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi, sedangkan tahap Lesson Study adalah plan, do, see. Penelitian dilakukan pada materi Animalia selama 2 siklus penelitian tindakan kelas dengan 8 siklus Lesson Study. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket, dan tes. Motivasi belajar siswa diukur menggunakan angket motivasi belajar siswa dan lembar observasi motivasi belajar siswa. Sedangkan hasil belajar siswa diukur menggunakan tes yang dilaksanakan setiap akhir siklus.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan angket, motivasi belajar siswa meningkat dari 62% sebelum dilakukan tindakan menjadi 75% setelah dilakukan tindakan atau mengalami peningkatan sebesar 13%. Sedangkan berdasarkan hasil observasi, motivasi belajar siswa meningkat dari 68% pada siklus I menjadi 88% pada siklus II atau mengalami peningkatan sebesar 20%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 50%. Pada tes akhir siklus I ketuntasan klasikal siswa sebesar 46,2% sedangkan pada tes akhir siklus II ketuntasan klasikal siswa sebesar 96,2%. Kesimpulan yang dapat diambil adalah pembelajaran kooperatif Teams Games Tournament dipadu dengan inkuiri terbimbing melalui Lesson Study dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X.10 SMA Negeri 1 Batu.Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, saran yang dapat diberikan adalah lebih baik dilakukan uji validitas terhadap instrumen yang digunakan. Hal ini ditujukan untuk mendapatkan data yang lebih valid.