Penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika untuk menanamkan karakter pada siswa SMP Negeri 12 Balikpapan / Suprapti
Main Author: | Suprapti |
---|---|
Other Authors: | 1. I Nengah Sudjana ; 2. Swasono Rahardjo |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=60438 |
Daftar Isi:
- Suprapti, 2013. Penerapan Pendekatan Open-Ended Dalam Pembelajaran Matematika Untuk Menanamkan Karakter Pada Siswa SMP Negeri 12 Balikpapan. Tesis, Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. I Nengah Parta, M.Si, (II) Dr. Swasono Rahardjo, M.Si.Kata Kunci: pendekatan open-ended, menanamkan, karakterPendidikan karakter adalah salah satu usaha untuk menanamkan nilai dasar etika, tingkah laku, nilai budi pekeri yang bersumber pada agama, Pancasila, budaya bangsa, dan tujuan pendidikan nasional. Pengembangan pendidikan karakter dilakukan dalam konteks makro dan mikro. Dalam konteks mikro adalah pendidikan karakter di sekolah, salah satunya melalui kegiatan pembelajaran, termasuk pembelajaran matematika. Namun berdasarkan pengalaman dan pengamatan di SMP Negeri 12 Balikpapan, banyak siswa masih tidak peduli dengan pembelajaran matematika dan tidak berusaha atau bekerja keras dalam menyelesaikan soal-soal. Salah satu penyebabnya adalah siswa mengangap matematika merupakan pelajaran yang membosankan, penuh dengan hafalan dan rumus, dengan satu soal satu jawaban yang sama. Soal-soal yang memiliki satu jawaban sering menyebabkan siswa bergantung pada teman atau contoh dari guru ketika menyelesaikannya. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan langkah-langkah pendekatan open-ended yang dapat menanamkan karakter kerja keras dan peduli pada siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Data penelitian meliputi: (1) pengamatan aktivitas guru, (2) pengamatan aktivitas siswa, (3) pengamatan penanaman karakter, (4) penguasaan bahan ajar melalui tes, dan (5) hasil validasi perangkat dan instrumen. Dari pelaksanaan tindakan pada siklus 2 diperoleh hasil, bahwa aktivitas guru dalam kategori tinggi, aktivitas siswa dalam kategori tinggi, dan pada penanaman karakter, menunjukkan setiap kelompok siswa telah memperlihatkan minimal dua perilaku dari empat perilaku, pada masing-masing karakter kerja keras dan peduli. Sedangkan penguasaan bahan ajar melalui tes, sebanyak 72,2% dari keseluruhan siswa yang mengikuti tes mencapai kriteria ketuntasan minimal.Berdasarkan hasil penelitian ini, penerapan pendekatan open-ended dalam pembelajaran matematika yang dapat menanamkan karakter kerja keras dan peduli pada siswa adalah pembelajaran dalam tahapan orientasi, penyajian soal/masalah open-ended, menyelesaikan soal open-ended secara individu dan kelompok melalui diskusi kelompok, presentasi hasil diskusi kelompok, dan penutup. Tahap menyelesaikan soal open-ended secara individu dimaksudkan untuk menanamkan karakter kerja keras pada siswa. Tahap diskusi kelompok dimaksudkan untuk menanamkan karakter kerja keras dan karakter peduli pada siswa. Tahap diskusi kelompok diawali dengan saling memeriksa, memberi masukan, atau melengkapi jawaban teman sesama kelompok, kemudian memutuskan dan menulis jawaban individu yang diambil sebagai jawaban kelompok pada LKS masing-masing. Tahap presentasi hasil diskusi kelompok dimaksudkan untuk menanamkan karakter peduli pada siswa. Tahap presentasi diawali dengan presentasi hasil jawaban kelompok. Kelompok lain memberi tanggapan, masukan, alternatif jawaban yang berbeda, atau memberi penghargaan terhadap kelompok yang presentasi. Bagi peneliti lain yang berminat mengadakan penelitian serupa, dapat mengembangkan pendekatan open-ended dalam pembelajaran untuk menanamkan karakter yang lain.