Penggunaan media papan flanel untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan anak kelompok A1 TK Pertiwi Geneng, Kabupaten Jombang / Mutiara Sari Dewi

Main Author: Dewi, Mutiara Sari
Other Authors: 1. Tomas Iriyanto ; 2. Suryadi
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi PAUD , 2013
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=60145
Daftar Isi:
  • Dewi, Mutiara Sari.2013. Penggunaan Media Papan Flanel untuk MeningkatkanKemampuan Mengenal Konsep Bilangan dan Lambang Bilangan AnakKelompok A1 TK Pertiwi Geneng, Kabupaten Jombang. Skripsi, JurusanKependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah, Program Studi S1.Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan,Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Tomas Iriyanto, S.Pd,M.Pd, (2) Suryadi, S.Sn.Kata Kunci:Kemampuan mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan, mediapapan flanel.Penelitian ini berlatar belakang pada rendahnya kemampuan mengenalkonsep bilangan dan lambang bilangan anak kelompok A1 TK Pertiwi Geneng,Kabupaten Jombang. Hal ini disebabkan pembelajaran mengenal konsep bilangan danlambang bilangan masih ditekankan pada media pembelajaran yang sering digunakanseperti majalah dan paper pencil test.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah penerapanmedia papan flanel untuk meningkatkan kemampuan mengenal konsep bilangan danlambang bilangan anak kelompok A1 TK Pertiwi Geneng, Kabupaten Jombang, 2)Adakah peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan dan lambang bilangananak kelompok A1 TK Pertiwi Geneng, Kabupaten Jombang setelah dibelajarkandengan menggunakan media papan flanel.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dandilaksanakan dalam 2 siklus. Tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan,observasi, dan refleksi. Subyek penelitian yaitu kelompok A1 TK Pertiwi Genengsebanyak 15 anak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman observasidan pedoman wawancara. Analisis data penelitian yang dipakai adalah deksriptifkuantitatif kualitatif.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penggunaan media papan flaneluntuk mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan diterapkan dengan langkahpembelajaran: Anak mendengarkan penjelasan berkaitan dengan pembelajaranmenggunakan media papan flanel. Anak dikelompokkan menjadi 2 kelompok. Anakbermain dan tanya jawab menggunakan papan flanel danitemnya. 2) Kemampuanmengenal konsep bilangan dan lambang bilangan mengalami peningkatan darikegiatan pra tindakan dengan persentase awal sebesar 58,5% meningkat menjadi74,5%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan dengan skor sebesar 96%,sedangkan persentase peningkatan kemampuan anak sebesar 20,5%.Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada: 1) Kepala sekolah, agardapat memberikan fasilitas dalam sosialisasi penerapan penggunaan media papanflanel dalam pembelajaran, sejalan dengan signifikasi hasil yang dilakukan peneliti.2) Peneliti selanjutnya agar dapat menggunakan media papan flanel untukmengembangkan aspek perkembangan anak lainnya, seperti: bahasa, fisik motorik,dan sosial emosional.