Implementasi pembelajaran homeschooling (studi kasus di komunitas homeschooling Sekolah Dolan Malang) / Ipung Wahyu Setyawan
Main Author: | Setyawan, Ipung Wahyu |
---|---|
Other Authors: | 1. Sucipto ; 2. Imam Hambali |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Luar Sekolah
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=59638 |
Daftar Isi:
- Kata Kunci :Homeschooling, sekolah dolanPendidikan adalah belajar memahami karakter, belajar memahami bahasa manusia, warna, bentuk benda dan lain sebagainya. Pembelajaran pada dasarnya adalah interaksi yang terjadi antara murid dan guru. Berdasar program pembelajaran di homeschooling pembelajaran yang berlangsung di Sekolah Dolan Malang adalah home visit, community visit dan e learning.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan pembelajaran, yang mencangkup profil homeschooling Sekolah Dolan Malang, pendaftaran di Sekolah Dolan Malang, proses belajar homeschooling, peran tutor, respon orangtua dalam pembelajaran homeschooling, kelebihan dan kekurangan belajar homeschooling. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan tehnik observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi, display data, verifikasi data. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi.Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut. Sekolah Dolan Malang masuk dalam kategori homeschooling komunitas yaitu, home visit, community visit,dan e learning. Proses pendaftaran secara adminintrasi di Sekolah Dolan Malang tergolong praktis karena dapat menggunakan media online (bagi yang berada di luar kota). Pembelajaran di Sekolah Dolan Malang meliputi (a) proses awal perencanaan pembelajaran, (b) proses pembelajaran (c) kurikululum yang digunakan sesuai dengan kebutuhan peserta didik, (d) evaluasi belajar berupa soal-soal ada yang dikirim melalui e-mail jejaring social ada yang langsung di sekolah dolan, (e) tugas orangtua terhadap proses belajar si anak, (f) hasil belajar (raport) juga ada yang dikrimkan oleh ketua sekolah dolan via e-mail dalam bentuk format PDF.Berdasarkan kesimpulan yang didapat, beberapa saran yang dapat dikemukakan sebagai implikasi dari hasil penelitian.Kepala Sekolah Dolan Malang disarankan secara terus-menerus melakukan perbaikan dalam penyelenggaraan pembelajaran homeschooling. Pendidik Sekolah Dolan Malang disarankan penambahan jam pembelajaran di sekolah dolan agar pemahaman peserta didik lebih optimal dan tetap konsisten pada pemenuhan kebutuhan siswa sehingga setiap kegiatan pembelajaran dapat berjalan dengan lancar dan dapat meningkatkan kualitas pendidikan khususnya di sekolah dolan. . Hasil penelitian homeschooling di Sekolah Dolan Malang ini kedepan untuk para akademisi dan peneliti lanjutan dapat digunakan sebagai tambahan teori dan bahan kajian untuk pengembangan Keilmuan di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah, khususnya dalam penerapan implementasi pembelajaran homeschooling.