Penerapan metode pembelajaran kooperatif model Student Teams Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV semester II mata pelajaran matematika SDN Sentul I Kota Blitar / Rochmad Priyagung Wicaksono

Main Author: Wicaksono, Rochmad Priyagung
Other Authors: 1. Punadji Setyosari ; 2. Agus Wedi
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi Teknologi Pendidikan , 2013
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=59636
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: model pembelajaran STAD, dan hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil observasi pada pembelajaran IPS di kelas IV SDN Sentul I Kota Blitar didapatkan informasi bahwa pembelajaran di kelas hanya bersifat tradisional saja. Pembelajaran cenderung berpusat pada guru dimana guru menyampaikan materi pelajaran. Hasil pengamatanpun juga menunjukkan bahwa siswa hanya sesekali diberikan kesempatan oleh guru untuk mengerjakan soal di depan kelas, selebihnya siswa hanya mendengarkan atau melihat serta mencatat apa yang perlu di catat. Saat pembelajaran kelompokpun belum nampak berjalan maksimal, karena hanya beberapa siswa saja yang aktif.Diperlukan pembenahan pada proses pembelajaran tersebut, salah satunya dengan menerapkan metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD), dalam metode ini siswa dituntut untuk saling bekerjasama dalam tim yang heterogen, dan bersaing dengan kelompok lain untuk menjadi kelompok terbaik.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Tipe STAD. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan dengan 2 siklus, Pembelajaran setiap siklus masing-masing terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data dilaksanakan dengan observasi, wawancara, dan tes tertulis. Penelitian dilaksanakan di kelas IV SDN Sentul I Kota Blitar dengan jumlah siswa 22 siswa, pada materi pokok pecahan.Hasil refleksi siklus I menemukan kekurangan saat proses pembelajaran, yaitu saat kegiatan kelompok masih ada beberapa siswa yang bermain dan berbicara sendiri, kontribusi antar anggota kelompok masih kurang, siswa masih malu dan kurang aktif saat menyampaikan pendapat, sehingga hanya beberapa saja yang aktif. Dan si akhir pelajaran guru tidak memberikan tugas atau PR untuk siswa. Sehingga dilakukan perbaikan pada siklus II, yaitu pengorganisasian kelas lebih di tingkatkan lagi oleh guru mata pelajaran dengan selalu mendampingi dan mengarahkan siswa saat berdiskusi kelompok, memberikan hadiah bagi kelompok terbaik, serta memberikan PR di akhir pelajaran. Hasil penelitian tindakan kelas ini menunjukkan hasil belajar siswa yang meningkat, yaitu pada siklus I rata-rata pre test 64,5 dan post test 73,4 meningkat menjadi 66,8 pada pre test, dan post test menunnjukkan angka 77,2 pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Student Team Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN Sentul I Kota Blitar. Dari hasil penelitian ini guru disarankan dapat menerapkan model pembelajaran model STAD di kelas untuk upaya meningkatkan hasil belajar siswa.