Pengaruh motivasi karir mengajar, career selg efficacy dan status sosial ekonomi yang dimediasi minat menjadi guru terhadap prestasi akademik mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Malang / Khasan Setiaji
Main Author: | Setiaji, Khasan |
---|---|
Other Authors: | 1. Bambang Pranowo ; 2. Agung Haryono |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Ekonomi
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=59615 |
Daftar Isi:
- Kata kunci: motivasi karir mengajar, career self-efficacy, status sosial ekonomi, minat menjadi guru, dan prestasi akademik. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh motivasi karir mengajar, career self-efficacy dan status sosial ekonomi terhadap prestasi akademik melalui minat menjadi guru. Model mediasi yang digunakan berpijak pada argumen teori, kajian empiris, dan penelitian terdahulu.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi dan Koperasi semester I Tahun Akademik 2012/2013 yang baru mengalami proses aktivitas pilihan karir (career choice prosess and content). Penarikan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Proses pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan analisis data digunakan analisis jalur.Temuan penelitian menunjukan bahwa (1) motivasi karir mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNNES, (2) career self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNNES, (3) status sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNNES, (4) minat menjadi guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNNES, (5) motivasi karir mengajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNNES melalui minat menjadi guru, (6) career self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNNES melalui minat menjadi guru, dan (7) status sosial ekonomi berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi akademik mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi FE UNNES melalui minat menjadi guru. Bertitik tolak dari temuan ini, dapat disarankan bahwa (1) upaya untuk menumbuhkan minat menjadi guru dan prestasi akademik dapat dilakukan dengan meningkatkan motivasi karir, career self-efficacy, dan dukungan orang tua, (2) proses penerimaan atau penyiapan tenaga guru perlu memperhatikan aspek psikologis seperti bakat, minat, motivasi, dan career self-efficacy untuk mendapat input yang berkualitas, (3) menyediakan fasilitas belajar bagi mahasiswa dari keluarga miskin yang menghadapi kesulitan dalam studi di perguruan tinggi.