Pengembangan media pembelajaran berbasis powerpoint tentang kompetensi apresiasi karya seni rupa terapan wayang kulit punakawan pada mata pelajaran seni budaya kelas VIII SMP / Dwi Riyanti
Main Author: | Riyanti, Dwi |
---|---|
Other Authors: | 1. Moeljadi Pranata ; 2. Ike Ratnawati |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Seni Rupa
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=59614 |
Daftar Isi:
- Kata Kunci: Media Pembelajaran, PowerPoint, Wayang Kulit PunakawanMengenal, merespon, dan menghargai wayang kulit merupakan kompetensi yang harus dimiliki siswa dalam pembelajaran apresiasi seni rupa terapan. Terbatasnya media pembelajaran yang memuat kajian tentang wayang kulit membuat pembelajaran tersebut kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis PowerPoint untuk mengatasi masalah tersebut. Tema Punakawan dipilih karena Punakawan merupakan salah satu tokoh sentral dalam pewayangan yang sarat dengan nilai-nilai pengembangan karakter.Model pengembangan ini menggunakan Five-D dari Pranata (2012) yaitu Define,Data. Design, Develop dan Disseminate. Hasil produk dilakukan validasi oleh 2 orang ahli media yang meliputi seorang dosen dan seorang guru yang ahli dalam media pembelajaran, 2 orang ahli materi yang meliputi seorang dalang dan seorang perajin wayang kulit di daerah kabupaten Trenggalek, dan uji coba kelompok besar yang meliputi 22 siswa kelas VIIIC di SMPN 1 Watulimo, Trenggalek.Secara garis besar hasil validasi dan uji coba menunjukkan hasil yang valid dengan akumulasi nilai validasi ahli media 91,67%, ahli materi 89,17, serta uji coba kelompok besar 86,36%. Dari ketiganya, apabila dirata-rata bernilai 89,06% dan masuk dalam kualifikasi valid sehingga layak digunakan sebagai media pembelajaran menurut penilaian ahli media, ahli materi, maupun kelompok besar. Hasil revisi media cenderung mengarah kepada kemudahan media untuk digunakan. Menurut ahli media, media lebih menarik bila waktu pengenalan tokoh ditampilkan animasi gerak/humor. Sedangkan revisi materi cenderung mengarah ke potensi implementasi materi dalam produk.Spesifikasi produk final dalam pengembangan ini adalah media pembelajaran dapat dijalankan pada aplikasi MS Office PowerPoint 2010, fisik produk berupa Compact Disc, target kompetensi yaitu mengidentifikasi jenis karya seni rupa terapan Nusantara, isi materi meliputi pengertian, sejarah, penokohan, ciri visualisasi, dan makna simbolik dari Punakawan serta proses pembuatan wayang kulit, dan untuk cakupan Mata Pelajaran adalah Seni Budaya.Pentingnya pengembangan bagi pengembang selanjutnya, dalam mengembangkan media pembelajaran ini, hendaknya mempertimbangkan evaluasi yang telah dilakukan dalam pengembangan ini sebagai referensi kedepannya dalam membuat media yang lebih baik dan bermanfaat agar daya guna produk dapat meningkat.