Pengembangan tutorial interaktif berbantuan komputer pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X / Fitri Umardiyah
Main Author: | Umardiyah, Fitri |
---|---|
Other Authors: | 1. Darmawan Satyananda ; 2. Lathiful Anwar |
Format: | PeerReviewed |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
Universitas Negeri Malang. Program Studi Pendidikan Matematika
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=59177 |
Daftar Isi:
- Umardiyah, Fitri. 2013. Pengembangan Tutorial Interaktif Berbantuan Komputer pada Materi Dimensi Tiga untuk Siswa SMA kelas X. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Darmawan Satyananda, S.T, M.T., (II) Lathiful Anwar, S.Si,,M.Sc.Kata kunci : Pengembangan, Tutorial Interaktif Berbantuan Komputer, Dimensi Tiga    Penelitian dan pengembangan ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam mempelajari materi dimensi tiga, khususnya dalam menentukan jarak pada dimensi tiga. Selain itu juga dilatarbelakangi oleh banyaknya aplikasi komputer yang mudah digunakan untuk membuat media pembelajaran yang interaktif. Model tutorial interaktif dipilih untuk memahamkan siswa mengenai materi jarak pada dimensi tiga. Peneliti menyusun penelitian dan pengembangan dengan tujuan untuk mengembangkan suatu media berupa tutorial interaktif berbantuan komputer pada materi dimensi tiga untuk siswa SMA kelas X. Penelitian dan pengembangan media tutorial interaktif ini dilakukan dengan mengadaptasi model pengembangan Hannafin dan Peck, yaitu (1) tahap analisis kebutuhan, (2) tahap desain, (3) tahap pengembangan dan implementasi.    Hasil pengembangan berupa tutorial interaktif dalam bentuk satu file executable yang portable dan bebarapa file pendukung lainnya. Hasil pengembangan tutorial interaktif berbantuan komputer yang berkualitas adalah berdasarkan tiga kriteria yaitu valid, praktis dan efektif. Validasi media yang dikembangkan divalidasi oleh dua ahli, yaitu ahli materi dan ahli media. Ahli materi melibatkan satu dosen Matematika UM dan satu guru MAN 3 Malang. Sedangkan ahli media melibatkan satu dosen Matematika UM. Uji coba terbatas yang dilakukan untuk uji keefektifan dan kepraktisan melibatkan dua belas siswa MAN 3 Malang.    Berdasarkan hasil validasi dengan skala 1-4, diperoleh nilai rata-rata 3,47 untuk validasi materi, dan 3,471 untuk validasi media. Berdasarkan penilaian umum, validator menyatakan media tutorial interaktif berbantuan komputer yang dikembangkan dapat digunakan dengan sedikit revisi. Dari uji coba terbatas juga diperoleh hasil persentase jawaban benar siswa ≥88% sehingga media tutorial interktif ini memenuhi kriteria praktis. Hasil pengerjaan evaluasi mandiri siswa menunjukkan 91,67% siswa mendapat nilai ≥ 75 (tuntas) dan juga siswa memberikan respon positif terhadap tutorial interaktif dengan nilai rata-rata sebesar 81,63%, sehingga media tutorial interaktif berbantuan komputer pada materi dimensi tiga ini memenuhi kriteria efektif.