Pengaruh media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Negeri Pembina II Malang / Ike Mayasari

Main Author: Mayasari, Ike
Other Authors: 1. Kentar ; 2. Budhojo
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi PAUD , 2013
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=58718
Daftar Isi:
  • Kata kunci: Media kartu huruf, membaca permulaan, taman kanak-kanakDalam pembelajaran membaca permulaan di TK kelompok B peranan media amatlah besar mengingat anak-anak usia TK, masih amat senang bermain sambil belajar. Berdasarkan pengamatan awal di lapangan, di TK Negeri Pembina II Malang bahwa dalam proses pembelajaran membaca, selama ini cenderung (1) anak kurang berani membaca, (2) kosa kata masih sangatlah kurang saat disuruh membaca, (3) guru hanya menggunakan media ala kadarnya.Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui hasil kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan kartu huruf pada anak kelompok B di TK Negeri II Pembina Malang, (2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media kartu huruf anak kelompok B di TK Negeri II Pembina Malang.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelompok B TK Negeri II Malang yang berjumlah 28 anak. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 28 siswa dengan rincian kelompok B1 berjumlah 14 siswa dan kelompok B2 berjumlah 14 siswa. Berdasarkan analisis data penelitian dengan uji-t gian score , pengujian hipotesis yang didapat adalah sebagai berikut. Hasil thitung adalah 3,197, sedangkan ttabel (26) dengan taraf signifikansi 0,05 sebesar 2,056. Dari data tersebut diketahui t hitung lebih besar daripada t tabel (3,197 > 2,056). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penggunaan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak kelompok B TK Negeri II Pembina Malang. Berdasarkan hasil penelitian ini, dikemukakan saran sebagai berikut: Bagi peneliti penelitian ini digunakan sebagai sarana untuk menambah pengetahuan, wawasan, dan kemampuan profesinya sebagai calon pendidik. Bagi pendidik penelitian ini dapat menerapkannya dalam pelajaran bahasa yaitu meningkatkan kemampuan membaca anak, serta sebagai bahan masukan yang penting dalam meningkatkan mutu pendidikan. Bagi Kepala Sekolah hasil penelitian ini dijadikan acuan untuk menentukan kebijakan sekolah dalam menggunakan media kartu huruf terhadap kemampuan membaca permulaan anak.