Pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Turen 3 Kabupaten Malang / Nova Dwijayanti

Main Author: Dwijayanti, Nova
Other Authors: 1. H. Achmad Badawi ; 2. H.M. Thoha AR.
Format: PeerReviewed
Bahasa: ind
Terbitan: Universitas Negeri Malang. Program Studi PGSD , 2012
Subjects:
Online Access: http://mulok.library.um.ac.id/oaipmh/../home.php?s_data=Skripsi&s_field=0&mod=b&cat=3&id=57375
Daftar Isi:
  • Kata Kunci: pendekatan, keterampilan proses, kemampuan menulis, karangan narasi, sekolah dasar.Menulis merupakan salah satu aspek yang penting dikuasai siswa karena sebagai aspek berpikir dan pendidikan. Sehingga, menutup kemungkinan penggalakan pembelajaran menulis telah dilakukan sedini mungkin. Terdapat lima tahapan menulis yaitu pramenulis, menulis, revisi, editing dan publishing. Dalam tahapan tersebut terdapat serangkaian proses berupa kegiatan yang harus dilakukan siswa untuk memperoleh hasil yang optimal. Proses tersebut meliputi kegiatan:mengamati,mengklasifikasi/menggolongkan,menafsirkan/menginterpretasi,meramalkan/memprediksi, menerapkan, merencanakan penelitian dan mengkomunikasikan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1). mendeskripsikan kemampuan menulis siswa bila diajar tanpa menggunakan pendekatan keterampilan proses, (2). Mendeskripsikan kemampuan menulis siswa bila diajar dengan menggunakan pendekatan keterampilan proses, (3). Mengetahui ada atau tidak pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan menulis karangan narasi, (4). Mendeskripsikan bagaimana pengaruh penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan menulis siswa.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan eksperimen. Populasi penelitian adalah siswa kelas V SDN Turen 3 yang berjumlah 66 siswa dan semuanya diteliti, sehingga disebut sampel total. Data dikumpulkan menggunakan tes tulis untuk mengungkap hasil kemampuan menulis karangan. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan statistik inferensial berupa data interval dengan menggunakan uji t-tes, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas. Hasil kemampuan menulis sebelum perlakuan untuk kelas eksperimen mencapai nilai rata-rata 60,96, sedangkan kelas kontrol 61,96. Nilai rata-rata kemampuan menulis pada saat perlakuan untuk kelas eksperimen 70,5 sedangkan kelas kontrol 66,06. Nilai rata-rata kemampuan menulis setelah perlakuan untuk kelas eksperimen mencapai 73,75, sedangkan kelas kontrol mencapai 65,03. Dari hasil analisis yang telah dilakukan dengan menggunakan statistik uji-t independent diperoleh 〖t 〗_hitung sebesar 2,292 dan 〖t 〗_tabel untuk db = 55 adalah 2,015. Dari perhitungan tersebut dapat diketahui terdapat pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan keterampilan proses terhadap kemampuan menulis karangan narasi. Sehingga peneliti dapat menyimpulkan pendekatan keterampilan proses dapat mempengaruhi kemampuan menulis karangan narasi siswa kelas V di SDN Turen 3 Kabupaten Malang.Berdasarkan temuan hasil penelitian, dikemukakan saran sebagai berikut:(1). Guru perlu merencanakan/merancang pembelajaran sebaik mungkin dan matang. Inti pembelajaran ini menuntut siswa mengerjakan tugas secara tersruktur sehingga akan nampak dengan jelas aktivitas siswa yang menunjukkan adanya proses, (2). Guru sebaiknya menyiapkan bahan untuk melengkapi tugas menulis, sehingga memudahkan siswa dalam mengungkapkan ide. Misalnya media cetak dan gambar sebagai wahana berkreasi, (3). Kurang pembendaharaan kata dapat diatasi dengan pengarahan kata-kata kunci yang mungkin akan digunakan dalam mengarang.